"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 06 Juni 2023

SUDAH SIAPKAH KAMU BERTEMU ALLAH?

Rasulullah telah mengingatkan kita, disana akan ada beberapa permasalahan yang akan di tanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat. Agar orang-orang mukmin dan muslim mau bersiap-siap untuk menghadapinya. Selain itu, agar mereka mengetahui bahwa akan ada pertanggung jawaban tentang masalah itu dari Allah.

Sebab, tidak setiap perbuatan manusia di dunia akan di pertanggung jawabkan karena ada banyak perkara yang tidak ada beban hukum di dalamnya. Sebagai contoh, aku tidak akan di Tanya tentang ucapanku dalam keadaan tidur atau ketika aku sedang tidak sadarkan diri. Juga, tidak akan ditanya tentang hal yang aku terlupa, sebagaimana aku juga tidak harus mempertanggung jawabkan perbuatanku sebelum menginjak usia baligh. Disamping itu, aku juga tidak bertanggung jawab atas diri orang yang tidak berada dibawah beban tanggung jawabku, selain yang Allah beban kan kepadaku.

Demikian pula, aku tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi di alam sekitar. Seperti, pergerakan bumi, udara panas, laut, sungai, tumbuhan, dan hewan, selain yang ada di bawah tanggungan yang telah Allah bebankan kepadaku. Serta, masih banyak lagi urusan yang tidak ada sangkut pautnya dengan diriku. Sebagaimana aku juga tidak akan ditanya tentang nenek moyangku, orang tua ku, dan orang-orang yang sebelum mereka. Sebab, setiap umat bertanggung jawab atas diri mereka masing-masing serta setiap orang bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan yang telah Allah bebankan kepada dirinya. Allah berfirman:

Itu adalah umat yang lalu, baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggung jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 134)

Allah juga berfirman:

“….Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain…” (QS Al-Isra’: 15)

            Selain itu, masih banyak lagi ayat dan hadis yang menjelaskan kepada kita bahwa seseorang akan ditanya tentang apa yang telah Allah bebankan kepada dirinya serta apa yang Allah titipkan dan serahkan kepadanya untuk ia urusi. Begitu pula, dengan batasan apa yang harus ia jaga dan tidak boleh dilanggar serta apa yang telah Allah wajibkan  kepadanya yang berupa iman, ketaatan, dan ibadah. Allah beserta Rasul-Nya telah menerangkan kepada kita semua tanggung jawab yang dibebankan kepada kita serta batasan-batasan yang harus kita jaga. Dan kita tidak mungkin akan di hisab pada hari kiamat sampai kita di tanyai mengenai semua tanggung jawab tersebut.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support