"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Senin, 05 Juni 2023

SENANTIASA MAWAS DIRI

Nasihat Imam al-Ghazali: Wahai santriku, selagi kamu belum berbuat amal maka tidak mendapat pahala.

Dikisahkan ada bahwa seorang lelaki dari Bani Israil beribadah kepada Allah Swt selama 70 tahun. Allah Swt ingin menunjukkannya kepada para malaikat. Allah mengutus malaikat kepadanya untuk memberitahu bahwa dengan ibadah tersebut belum layak baginya masuk surga.

Ketika ahli ibadah itu mendengarnya, ia berkata: “Kita diciptakan untuk beribadah, maka seyogyanya bagi kita untuk beribadah kepada-Nya.” Malaikat itu itu pun kembali kepada Allah seraya berkata,”Wahai Tuhanku, Engkau lebih mengetahui apa yang diucapkannya.”

Allah Swt berfirman, “Apabila hamba itu tidak berpaling dari ibadah kepada-Ku, maka Aku dengan kemuliaan-Ku tidak akan berpaling darinya. Saksikan wahai para malaikat-Ku, bahwa Aku memaafkannya.”

Rasulullah Saw bersabda,”Intropeksilah dirimu sebelum kalian dihisab. Timbanglah perbuatan kalian sebelum ia ditimbang (pada hari kiamat).

Sayyidina Ali r.a berkata, “Barangsiapa menyangka bahwa tanpa keseriusan bisa sukses, maka ia adalah orang yang berkhayal. Dan barangsiapa menyangka bahwa dengan keseriusan bisa meraih sukses, maka ia adalah orang yang pongah.”

Sayyidina Hasan rahimahullah ta’ala berkata,”Mencari surga tanpa berbuat amal adalah dosa dari beberpa dosa.”

Rasulullah Saw bersabda, ”Orang yang cerdas adalah orang yang menaklukkan egonya, dan memproyeksi sesuatu untuk kehidupan setelah mati. Sedangkan orang bodoh adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya, dan mengharapkan sesuatu dari Allah Swt dengan berbagai macam harapan (yang tak mungkin).”

Dikutip dalam Kitab: Ayyuhal Walad-Imam al-Ghazali

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support