"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 06 Juni 2023

CIRI-CIRI TELAGA NABI

Hadits Shahih tentang Ciri-ciri Telaga Nabi

            Al Abbas bin Salim Al-Lakhimi bercerita bahwa Umar bin Abdul Aziz mengirim surat kepada Abi Salam Al-Habasyi menanyakan tentang Telaga Rasulullah Saw. Abi Salam Al-Habasyi pun datang kepada Umar bin Abdul Aziz. Ketika bertemu, Umar bertanya langsung kepadanya. Dia menjawab, “Aku mendengar Tsauban berkata, Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya lebar telagaku dari Aden hingga Oman Al-Baqa’ airnya lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, gelas-gelasnya sebanyak jumlah bintang di langit. Siapa yang meminum darinya, dia tidak akan merasa haus setelahnya. Dan orang yang pertama kali mendatanginya ialah fuqara muhajirin.” Tiba-tiba Umar bin Khattab berkata,’Siapakah mereka wahai Rasulullah? Beliau menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang berambut kusut, berbaju lusuh, tidak menikahi wanita-wanita dari kalangan berada, dan tidak diizinkan masuk apabila mengetuk pintu.” Umar bin Abdul Aziz berkata,”Akan tetapi, aku menikahi wanita dari kalangan berada. Aku menikahi Fatimah binti Abdul Malik (seorang khalifah bani Umayyah). Demi Allah, aku tidak akan memberi minyak pada rambutku hingga kusut, dan aku tidak akan mencuci bajuku yang menempel hingga kotor. (HR. Ahmad no. 275)

            Jabir bin Samurah meriwayatkan dari Nabi Saw, beliau bersabda: “Aku mendahului kalian mendatangi telaga, dan sungguh jarak antara kedua sisinya sejauh jarak antara Shan’an dan Ailah. Bejana-bejananya bagaikan bintang-bintang gemintang.” (HR Muslim no. 2305)

            Abu Zubair mendengar Jabir bin Abdullah r.a berkata, Rasulullah bersabda, “Aku berada di telaga menunggu orang yang datang kepadaku. Tiba-tiba sekelompok orang dicegah dari mendatangiku. Lalu aku bersabda, “Wahai Rabb, mereka dari golongan ku dan termasuk dari umatku.” Lalu dikatakan, “Engkau tidak tahu apa yang mereka perbuat sepeninggalanmu. Mereka kembali menajdi murtad sepeninggalanmu.”

            Jabir r.a berkata, Rasulullah bersabda: “Panjang telagaku sejauh perjalanan satu bulan, demikian pula dengan lebarnya. bejana-bejana bagaikan bintang-bintang di langit. Telagaku lebih wangi dari pada kasturi dan lebih putih dari susu. Siapa yang minum darinya tidak akan merasa haus selamanya. (HR. Ahmad no. III/384) 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support