Ada tiga ciri
khas dalam sistem pembelajaran, seperti
yang dikemukakan oleh Oemar Hamalik dalam bukunya kurikulum dan pembelajaran
yaitu sebagai berikut:
1. Rencana ialah
penataan ketenagaan, material, dan
prosedur yang merupakan unsur-unsur sistem
pembelajaran dalam suatu rencana khusus.
2. Kesaling
tergantungan (interdepence), antara unsur “sistem pembelajaran yang
serasi bersifat dalam suatu keseluruhan”. Tiap unsur bersifat esensial, dan
masing-masing memberikan memberikan sumbangannya kepada sistem pembelajaran.
3. Tujuan, sistem
pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Seperti sistem
transportasi, sistem pemerintahan, semuanya memiliki tujuan. (Oemar hamalik,
1995: 66)
Selanjutnya
ciri-ciri pembelajaran lebih detail adalah sebagai berikut:
1.
Memiliki
tujuan, yaitu untuk membentuk siswa dalam suatu perkembangan tertentu.
2. Terdapat
mekanisme, prosedur, langkah-langkah, metode dan teknik yang direncanakan dan
didesain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.
Fokus materi
ajar, terarah, dan terencana dengan baik.
4. Adanya
aktivitas siswa merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya kegiatan
pembelajaran.
5.
Aktor guru yang
cermat dan tepat.
6.
Terdapat pola
aturan yang ditaati guru dan siswa dalam proporsi masing-masing.
7.
Limit waktu
untuk mencapai tujuan pembelajaran
8.
Evaluasi, baik
evaluasi proses maupun evaluasi produk.
Yang menjadi
kunci untuk menentukan tujuan pembelajaran adalah kebutuhan siswa, mata ajaran
dan guru itu sendiri. Kebutuhan siswa dapat ditetapkan apa yang hendak dicapai,
dikembangkan dan di apresiasi. Mata ajaran yang ada dalam petunjuk kurikulum
dapat ditentukan hasil-hasil pendidikan yang diinginkan.
0 Post a Comment:
Posting Komentar