"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 06 Juni 2023

ANTARA LISAN DAN HATI

Sumber Ilmu.com-Bahaya Lisan, Saudaraku musuhilah jiwamu sediri. Tuduhlah jiwa sebagai musuh yang paling berbahaya. Takutlah akan bahaya lisanmu melebihi rasa takutmu terhadap binatang buas yang sudah mendekat dan siap menerkam. Orang beriman yang dibunuh oleh binatang buas akan mendapatkan pahala surga, sementara kejahatan lisanmu akan menyeretmu ke neraka, kecuali jika Allah mengampuni.

Saudaraku, jangan sekali-kali kamu lalai dari mengontrol lisanmu. Lisanmu adalah binatang buas dan korban pertamanya adalah pemiliknya (dirimu sendiri).

Kuncilah pintu untuk berkata-kata dari dalam jiwamu dengan kunci yang kokoh. Jangan kamu buka kunci itu kecuali sekedar kebutuhan yang mendesak bagimu. Ketika kamu membukanya, bersikap hati-hatilah terhadap lisanmu. Ucapkanlah kata-kata sesuai kebutuhanmu saja, kemudian kunci kembali.

Jangan sesekali kamu lalai akan hal itu. Jangan mengumbar kata-kata karena banyak bicara akan merusak jiwamu sendiri. Diriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda kepada Muadz: “Manusia ditenggelamkan ke dalam neraka Jahannam karena hasil perbuatan lisan mereka (HR. At-Tirmidzi dan Muslim)

Seseorang pernah bertanya kepada Nabi Saw, “Apa yang harus aku jaga dengan sungguh-sungguh?” Nabi Saw menjawab, “Ini”. Maksudnya adalah lisan. (HR. Haitsami)

Ada juga yang bertanya kepada Nabi Saw “Apa keselamatan itu?” Nabi Saw menjawab, “Keselamatan itu adalah menjaga lisanmu, luaskan rumahmu (untuk orang lain), dan menangislah karena kesalahan yang kau lakukan.” (HR Bukhari)

Umar bin Khattab pernah datang kepada Abu Bakar sambal memegang ujung lisan dan menggerakkannya. Abu Bakar lantas bertanya, “Apa yang kau lakukan?” Umar menjawab, “Inilah yang menjadi sumber kesalahan” (HR. Ibnu Abu Dunya)

Dan, banyak lagi kisah-kisah tentang lisan. Saudara ku, berhati-hatilah jangan sampai kamu lalai akan lisanmu. Lisan merupakan anggota badanmu yang paling berbahaya dan paling potensial membuat kejahatan. Pada hari kiamat, sebagian besar dosa yang kamu temukan dilembar catatan amalmu berasal dari lisanmu. Sebagian besar kebaikan yang ada didalam lembar catatan amalmu berasal dari hatimu.

(Merawat Hati-Imam Al Haritsn al Muhasibi)

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support