"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Rabu, 21 Juni 2023

Ciri-ciri Perubahan Sebagai Hasil Belajar

Suatu proses perubahan dapat di katakan sebagai hasil belajar jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1)   Terjadi secara sadar, Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan di sengaja dari individu yang bersangkutan. Begitu juga dengan hasil-hasilnya, individu yang bersangkutan menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan, misalnya pengetahuannya semakin bertambah atau keterampilannya semakin meningkat, di bandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar.

2)  Yang bersifat fungsional, Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat di manfaatkan untuk kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa mendatang.

3)  Bersifat aktif dan positif, Untuk memperoleh perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif berupaya melakukan perubahan. Perubahan perilaku yang terjadi bersifat positif dan menujukkan ke arah kemajuan.

4)   Bersifat permanen, Perubahan perilaku yang di peroleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya.

5)   Bertujuan dan terarah, Individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

6) Mencakup seluruh aspek, Perubahan perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilannya. 


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support