"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 17 Juni 2023

AMALAN-AMALAN YANG DAPAT DILAKUKAN PADA HARI RAYA IDUL ADHA


Idul fitri dan Idul Adha datang sekali dalam satu tahun, Keduanya adalah hari besar islam dengan fadhilah yang berbeda. Masing-masing memiliki keutamaannya sendiri dan juga memiliki kesunnahan yang berbeda.

Hari raya idul adha yang dikenal dengan hari raya kurban atau hari raya Haji, karena pada hari itu kegiatan kurban dan ibadah haji dilaksanakan. Sebagai ibadah tahunan, Maka hendaknya kita laksanakan dengan sesempurna mungkin dengan menjalankan semua amalan-amalan sunnah pada hari tersebut dengan niat tulus dan mengharapkan pahala dari Allah Swt. Berikut kesunnahan yang dianjurkan oleh para ulama, yaitu:

Pertama: Mengumandangkan takbir di mesjid-mesjid, Mushallah, Rumah-rumah pada malam hari raya, dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbarnuntuk berkhutbah pada hari raya idul adha, Karena pada malam itu kita dianjurkan untuk mengagungkan, memuliakan dan menghidupkannya, Dalam kitab Raudlatut Thalibin menjelaskan bahwa “ Disunnahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunnahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah”. Sebagian fuqaha’ ada yang memberi keterangan tentang beribadah dimalam hari raya, yaitu dengan melaksanakan sholat maghrib dan isya berjamaah sampai dengan melaksanakan sholat shubuh berjamaah.

Kedua: mandi sunat hari raya sebelum menunaikan sholat sunnat idul adha, Sebagaimana salah seorang sahabat Rasulullah saw yaitu Ali bin Abi Thalib, ketika ditanya tentang bilakah mandi yang disunnahkan oleh rasulullah saw beliau menjawab: “(mandi yang disunnahkan) pada hari jum’at, hari arafah. Hari raya idul fitri, dan idul adha”.

Ketiga: Berjalan kaki menuju Mesjid, Dari Ali berkata: “ Termasuk sunnah yaitu engkau keluar sholat hari raya dengan berjalan kaki”.

Keempat: Memakai pakaian yang paling bagus, disunnahkan memakai pakaian yang paling bagus, meski tidak harus baru juga disunnahkan memakai wewangian.

Kelima: Mengucapkan selamat dan mendoakan antara satu sama lain.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support