"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 06 Juni 2023

KELUARGA ITU TITIPAN ALLAH

Allah telah mengingatkan kita dalam kitab-Nya yang mulia akan tangung jawab yang agung ini. Yang ia juga merupakan tanggung jawab besar yang paling utama yang dibebankan kepada manusia serta yang akan ditanya dan dipertanggung jawabkan kelak pada hari kiamat.

Tanggung jawab itu ialah mengasuh keluarga dan menjaganya yang terdiri dari istri dan anak. Yaitu, dalam bentuk mendidik mereka atas dasar iman dan penegakan ibadah hanya untuk Allah. Seperti sholat, dan puasa serta mengajari mereka adab-adab islami. Sebab, istri dan anak akan mengikuti ayahnya selama di dalam rumah serta akan tumbuh sebagaimana yang ayah mereka didikan dan ajarkan. Allah mengetahui hal ini.

Anak-anak akan mengikuti tabiat ayahnya sewaktu masih kecil. Jika, ia di biasakan dengan adab-adab yang islami serta di ajari untuk selalu melakukan sholat, puasa,  serta cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, maka mereka akan terdidik tumbuh dan berkembang di atasnya serta akan selalu mengerjakan amal ini sepanjang hidupnya di dunia. Akan tetapi, jika sang ayah lali dan mengesampingkan pendidikannya serta malas dan tidak mengajarinya dengan adab yang islami, disamping tidak membiasakan dan mendidik mereka agar senantiasa beribadah kepada Allah, maka mereka akan tumbuh tidak berdasar ketaatan kepada Allah. Ini yang banyak kita dapatkan dalam rumah-rumah kamu muslimin hari ini.

Selain itu, agar seorang muslim kelak pada hari kiamat tidak akan mengatakan di hadapan Allah, “Wahai Rabbku, sesungguhnya aku hanyalah bertanggung jawab atas diriku sendiri saja,” maka Allah dan Rasul-Nya telah mengingatkan agar seorang mukmin bertakwa kepada Allah di dalam mengurusi istri dan anaknya. Allah Swt berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang keras, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At-Tahrim: 6)

            Secara lahir, ayat ini menunjukkan bahwa yang termasuk dalam tanggung jawab ayah dan ibu terhadap anak-anaknya serta menjadi tanggung jawab sang ayah atas istri dan anak-anaknya ialah agar tidak membawa mereka dan membiarkan mereka menempuh jalan yang menuju kepada kehancuran. Kehancuran yang paling parah ialah masuk ke dalam neraka Jahannam pada hari kiamat.

            Anas r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah telah bersabda: “Sesungguhnya Allah akan menanyakan kepada setiap pemimpin atas apa yang telah Allah amankan kepadanya, apakah ia menjaganya ataukan menyia-nyiakannya, sampai seorang laki-laki akan ditanyai mengenai anggotanya keluarganya.” (HR. Ibnu Hibban no. 4570 dan Al-Banni dalam Shahihut Targhib wa Tarhib menyatakan hadits ini hasan shahih)

Tanggung jawab yang paling penting ialah yang berkaitan tentang menjaga mereka agar senantiasa melaksanakan kewajiban agama serta mendidik  mereka agar selalu menjaganya dan mengajari mereka dengan pelajaran-pelajaran yang islami. Ibnu Umar mendengar bahwa Rasulullah bersabda,”Setiap orang dari kalian adalah bertanggung jawab dan ditanya tentang tanggung jawab. Seorang penguasa bertanggung jawab dan akan ditanya tentang tanggung jawabnya. Seorang laki-laki adalah bertanggung jawab dalam keluarganya dan diatanya tentang tanggung jawabnya. Seorang perempuan bertanggung jawab didalam rumah suaminya dan ditanya tentang tanggung jawabnya. Seorang pembantu adalah bertanggung jawab atas harta tuannya dan ditanyatentang tanggung jawabnya.

            Ibnu Umar berkata,”Sepertinya beliau juga bersabda, Seorang laki-laki bertanggung jawab terhadap harta ayahnya dan ditanya tentang tanggung jawabnya. Dan setiap orang dari kalian adalah bertanggung jawab dan ditanya tentang tanggung jawabnya.”

            Seorang perempuan di dalam rumah suaminya sepenuhnya bertanggung jawab seperti halnya sang suami. Ia bertanggung jawab mengurus anak-anaknya dan mendidiknya. Selain itu, mengajarkan seluruh pengetahuan tentang syariat Islam kepada anak-anaknya, yang di antaranya yang paling utama ialah kejujuran, cinta kepada Allah, menegakkan sholat, puasa, dan seluruh beban kewajiban yang lain.

            Demikian pula, kelak pada hari kiamat, ia akan mempertanggung jawabkan apa yang telah Allah percayakan untuk ia jaga. Seperti, menjaga keutuhan rumah tangga sang suami, hartanya, menjaga kehormatan dan kemuliaannya, serta menunaikan semua kewajiban.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support