"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 08 Juni 2023

DUNIA INGIN TAHU

Sumber Ilmu.com-Pada tahun 1937, Varlam Shalamov dihukum kerja paksa bertahun-tahun di gulaq Soviet.

Apa kejahatannya?

Kejahatan yang sama seperti yang membawa sebagian besar orang ke neraka dingin itu: Berada di sisi yang salah menurut rezim totaliter. Kesialan acak. Berani mengkritik kekuasaan. Kurang komunis. Tidak mengaku, walau mengaku pun belum tentu menyelamatkan.

Di sanalah dia, di salah satu tempat tersuram bagi manusia, dan apa yang dia temukan? Dia menemukan cukup banyak hal tentang kondisi manusia. “Saya menemukan bahwa dunia seharusnya bukan dibagi menjadi orang baik dan jahat, melainkan pengecut dan pemberani,” tulisnya. “Sembilan puluh lima persen pengecut bisa melakukan hal-hal terburuk, mematikan, jika diancam sedikit saja.”

Bila kita bertanya mengenai keberanian, kita salah memikirkannya.

Bukan kita yang seharusnya bertanya.

Yang seharusnya ditanya itu kita.

Di novel kelam tapi indah karya Cormac McCarthy All the Pretty Horses-dalam penjara yang tak jauh berbeda dengan yang benar-benar didiami Shalamov Emilio Perez mengajukan pertanyaan itu ke John Grady seperti begini:

“Dunia ingin tahu apakah kamu punya cojones.

Apa kamu pemberani?”

Dunia bertanya kepada anda tentang keberanian Anda. Tiap menit, tiap hari. Musuh-musuh anda bertanya begitu. Halangan yang anda hadapi juga.

Karena kami perlu tahu. Apa Anda termasuk pengecut? Apa anda orang yang bisa diandalkan? Apa anda mampu?

Seneca kiranya berkata bahwa dia sebenarnya kasihan kepada orang-orang yang tak pernah mengalami nasib buruk. “Engkau telah menjalani kehidupan tanpa lawan,” katanya. “Tak satupun bisa mengetahui apa yang engkau lakukan, engkau sendiri saja tidak.”

Itu alasannya pertanyaan tersebut penting sekali. Dunia ingin tahu anda masuk golongan apa, sehingga mengirim kesulitan ke anda. Itu bukan gangguan atau tragedy, melainkan kesempatan, sebagaimana pertanyaan untuk dijawab: Apa saya punya keberanian? Apa saya berani? Apa saya akan menghadapi masalah ini atau lari darinya? Akankah saya tetap tegak atau tumbang?

Jawab pertanyaan itu bukan dengan kata-kata, melainkan dengan perbuatan. Bukan secara pribadi melainkan di depan umum.

Ryan Holiday-Keberanian Adalah Panggilan untuk Bertindak

 

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support