"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 08 Juni 2023

JANGAN BIARKAN RASA TAKUT MENGENDALIKAN ANDA

Rasa takut, sebelum benar-benar ada dalam pertempuran, adalah suatu reaksi yang normal. Itu langkah persiapan terakhir, tak mengetahui….. Disanalah Anda akan membuktikan diri sebagai serdadu andalan. Pertarungan pertama melawan diri sendiri akan telah selesai. Barulah Anda siap bertarung melawan musuh.

-Army Life (Buku Pedoman, 1944)

            Sumber Ilmu.com-Ada alasan untuk rasa takut, logika. Kalau tidak, rasa takut tak bakal ada. Mengutamakan keselamatan diri memang ada gunanya terutama dalam membuat Anda tetap hidup.

            Namun, pertanyaannya bukan apakah rasa takut ada gunanya. Tentu ada. Pertanyannya adalah apa jadinya jika semua orang selalu bertindak mengikuti rasa takut?

            Kita tahu jawabannya. Kira-kira seperti neraka. Kehidupan bakal menjadi lebih menakutkan jika kita bisa bayangkan. Jadi, selagi orang yang masuk akal menyesuaikan diri ke dunia, sebagaimana dikatakan George Bernard Shaw, kemajuan-harapan-bergantung ke keberanian orang yang tak masuk akal. Takut itu bisa di mengerti. Menghindari resiko. Mengakomodasi mapan. Mengutamakan kepentingan pribadi, tapi jelas aman.

            Kita punya ungkapan yang mengingatkan kita. Makin di atas, makin kencang anginnya. Jangan melawan arus. Jangan melawan yang berkuasa.

            Namun, jika semua orang percaya itu, jika rasa takut berkuasa, ungkapan-ungkapan itu bukan hanya menjadi kebenaran efektif, kebaikan tak bakal mengalahkan kejahatan, yang baru tak bakal pernah menggantikan yang lama, dan taka da yang bakal diperbaiki.

            Mestinya bukan yang kita inginkan. Bukan itu alasan kita di planet ini. Buat beberapa orang mungkin iya. Namun bukan Anda.

            Kita memilih suara yang mana yang akan di dengar. Kita memilih apakah akan main aman, berpikir kecil, ikut arus, bersembunyi, atau sinis. Kita memilih apakah kita akan mengalahkan ketakutan, berjalan sendiri, melihat jurang di bawah jembatan lalu berbalik atau berjalan terus.

            Memiliki keberanian? Menghadapi ketakutan? Itu panggilan bagi kita. Kita tak harus melakukannya.

            Namun kita tak bisa menghindari fakta bahwa hal itulah hal yang menjadi patokan segala hal baik lain.

            Apa yang kita inginkan dalam kehidupan, apa yang dunia perlukan, segalanya ada di seberang rasa takut. Semuanya didapat melalui keberanian, kalau kita memilih menggunakannya.

Ryan Holiday-Keberanian Adalah Panggilan untuk Bertindak

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support