"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 01 Juni 2023

ULAMA ITU MEMBERI


Sumber Ilmu.com-Penyair sufi besar Maulana Jalaluddin Rumi ditanya santrinya siapakah yang bisa disebut Ulama atau Hakim (bijak bestari). Seperti kebiasaannya, ia tidak menajwab langsung dengan bahsa yang ruwet, seperti pada umumnya orang. Ia selalu memberikan pengetahuan kepada santri dan masyarakatnya melalui contoh atau perumpamaan yang mungkin dipandang lebih mudah dipahami mereka.

Maulana Rumi mengatakan, “Ulama atau seorang bijak bestari bagaikan pohon yang ditanam di tanah yang subur. Tanah itu menjadikan pohon tersebut berdiri kokoh dan kuat dengan daun-daun yang menghijau dan menimbun. Tak lama kemudian, ia menumbuhkan kuncup bunga, mekar dan menghasilkan buah yang lebat. Meski sepertinya ialah yang menghasilkan bunga dan buah-buahan itu, tetapi ia sendiri tak mengambilnya. Buah-buah itu untuk orang lain atau diambil mereka.”

Jika manusia bisa memahami Bahasa pohon itu ia sesungguhnya berkata, “Kami diajarkan untuk memberi dan tidak belajar untuk mengambil/meminta.”

Penyair Persia termashsyur Sa’di Syirazi menyampaikan pandangan yang sangat indah tentang siapa ulama yang bijak bestari atau sufi. Ia mengatakan,” seorang sufi adalah dia melayani manusia, bukan memilih mengasingkan diri dari hiruk pikuk manusia dan duduk-duduk saja di masjid (I’tikaf). (Lisanul Hal-K.H Husein Muhammad)

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support