"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 17 Juni 2023

Materi Pembelajaran Agama Pada Masa Remaja

Sumber Ilmu.com-Pendidikan agama pada remaja merupakan hala yang sangat penting dalam mengatasi masalah-masalah psikologis yang mendua yang dihadapi remaja. Pendidikan (materi pembelajaran) agama yang paling penting  pada remaja antara penanaman akidah, pembiasaan ibadah, pendidikan seks dan pembinaan akhlak.

Penanaman Akhlak

Penanaman akidah adalah upaya menanamkan keimanan yang diberikan kepada remaja.  Didalam al-Qur’an diceritakan bagaimana Ya’kub keimanan kepada anak-anaknya. 

Rasulullah pernah mengajarkan akidah kepada seorang remaja yahudi. Kisah ini ditemukan dalam hadis Rasul yang artinya :

Sesungguhnya Nabi SAW mempunyai seorang tetangga yahudi yang akhlaknya cukup baik. Ia sedang sakit, lalu Rasulullah saw bersama sahabat-sahabatnya datang menjenguknya. Kemudian beliau bersabda : “Maukah engkau mengucapakan kaliamat laa ilaaha illallaah wa annii rasulullah ?” ia melihat bapaknya, tetapi bapaknya diam dan remaja itupun diam. Beliaupun mengulangi kedua kali dan ketiga kalinya. Pada ketiga kalinya bapaknya berkata : “Ucapanlah seperti yang beliau katakana kepadamu”  Remaja itupun melaksanakannya, kemudian ia meninggal. Orang-orang yahudi  ingin mengurus jenazahnya, namun Rasululah saw bersabda : “kami lebih berhak mengurusnya dari pada kalian.” Rasulullah lalu memandikannya, mengkafaninya, membaringkannya, lalu mensholatkannya. ( HR. Abdurrazaq)

Pembiasaan Ibadah

Pembiasaan melakukan ibadah sudah diajarkan sejak masa anak-anak kemudian dilanjutkan pada masa remaja. Jika pada masa anak-anak orang tua hanya mengajarkan sholat, tetapi setelah remaja orang tua dianjurkana memukul anak yang tidak sholat setelah diajaran sholat pada waktu kanak-kanak.  Hadis Rasulullah tentang perintah mengajarkan sholat sebagai berikut yang artinya : “ Biasakanlah anak-anak untuk sholat ketika usianya mencapai tujuh tahun. Anggota keluarganya jangan sampai usia Sembilan tahun sianak masih meninggalkan sholat, pukullah ( HR. Abu Daud)

Cara memelihara diri dari api neraka adalah dengan melaksanakan ibadah secara rutin dan meninggalkan segala larangan Allah. Rasulullah bersabda : “amal yang pertama kali yang akan dihisab untuk seorang hamba nanti pada hari kiamat ialah sholat, maka apabila sholatnya baik (lengkap), maka baiklah seluruh amalnya yang lain, dan jika sholatnya rusak (kurang lengkap) maka rusaklah segala amalannya yang lain (HR. Thabrani) dan Rasulullah bersabda yang artinya :”Amal yang paling disenangi oleh Allah, ialah amal yang teru-menerus dikerjakan, walaupun sedikit" (HR. Bukhori dan Muslim). 

Pendidikan Seks

Remaja menghadapi dua problem besar. Problem pertama adalah problem intern ini secara alami akan terjadi pada remaja. Hasrat seksual yang berasal dari naluri seksualnya., mulai mendorong untuk dipenuhi. Hal ini sangat fitrah karena fisiknya secara primer maupun sekunder sudah mulai berkembang. Misalnya mulai berfunsinya hormone testosterone pada laki-laki menyebabkan pertumbuhan bulu pada daerah fisik tertentu, berubahnya suara menjadi lebih besar. Pada remaja putri mulai berfungsinya hormone progesterone yang menyebabkan perubahan fisik didadnya, dan sekaligus mengalami menstruasi. Perkembangan fungsi hormone ini selalu menyebabkan remaja sulit mengendalikan diri dalam bergaul dengan lawan jenis.

Problem kedua adalah problem eksternal. Inilah yang terkategori dalam pembentukan lingkungan tempat remaja berkiprah. Factor terpenting membuat remaja “selamat” dalam pergaulannya adalah factor pemikiran dan factor rangsangan. Pemikiran adalah sekumpulan ide tentang kehidupan yang diambil dan penetrasikan oleh remaja itu kedalam benaknya sehingga menjadi sebuah pemahaman yang mendorong setiap perilakunya. Pemikiran penting yang membentuk remaja adalah : makna kehidupan, standart kebahagiaan hidup, dan standart prilaku. Misalnya ketika seseorang remaja memahami bahwa makna kehidupan ini adalah misteri, kebahagiaan adalah kekayaan, dan standart prilaku adalah yang penting  ada manfaat agar jadi kaya, makna kita akan menemukan remaja seperti ini tidak akan memahami resiko perbuatannya. Baginya mencuri, narkoba sambil mendagangkannya, seks bebas adalah kenikmatan dan tujuan hidupnya. Remaja seperti ini akan banyak ditemukan dalam lingkungan masyarakat sekuler (menjauh dari agama)

Pembinaan Akhlak

Akhlak akan menjaga seseorang terbebas dalam melakukan berbagai kejahatan yang dapat merugikan  orang lain, seperti pemukulan, pencurian, pembunuhan dan perkelahian selalu terjadi pada remaja.

Ada beberapa pendapat para ahli pembelajaran akhlak terhadap sesama sebagai berikut :

1.  Menjunjung tinggi kehormatan sesama kaum Muslimin, mendidik manusia untuk selalu saling menghargai dan menjaga kehormatan mereka. Pendidikan yang dapat mewujudkan sikap menjunjung tinggi kehormatan kaum muslimi dapat dilakukan dengan menggunakan metode keteladanan dalam keluarga. Remaja yang dapat menghormati orang lain adalah remaja yang hidup dalam lingkungan kelaurga yang saling menghormati. Disamping metode keteladanan metode kisah, metode nasehat, dan metode pembiasaan dapat digunakan untuk menumbuhkan sikap menjunjung tinggi kehormatan orang lain.

2.      Taubat mendidik manusia agar senantiasa mensucikankan jiwa mereka. Sehingga wujud dari taubat dengan beramal shaleh dapat dilaksanakan dalam kehidupan nya. Dalam rangka menanamkan sikap bertaubat pada remaja, maka orang tua atau guru pendidik sebaiknya menggunakan beberapa  metode: metode pembiasaan dan metode ceramah. Metode pembiasaan diajarkan kepada anak didik untuk selalu memohon ampun kepada Allah apabila anak tersebut berkata kasar, maka harus dibiasakan dengan kalimat ampunan yaitu mengucap istighfar sebagai pembiasaan untuk selalu melakuan taubat jika melakukan dosa atau taubat.

3.      Husnuzzan mendidik anak untuk selalu berfikir positif agar hidup menjadi lebih produktif, sehingga energi tidak terkuras hanya untuk memikirkan hal-hal yang belum pasti kebenarannya.  Upaya menanamkannya sikap husnudzan dapat dilakukan metode nasihat. Metode nasihat merupakan metode yang sering digunakan orang tua dalam mendidik anaknya menjadi manusia yang lebih baik. Seorang pendidik harus mampu menjelaskan pentingnya husnudzan dan hikmah yang terkandung didalamnya. Agar metode ini dapat terlaksana dengan baik, maka dalam penjelasannya perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

a.       Gunakan bahasa yang baik dan sopan serta mudah dipahami anak didik.

b.      Jangan sampai menyinggung perasaan orang yang dinasehati atau orang disekitarnya.

c.    Sesekali selingi nasehat dengan rumor yang bias membuat suasana lebih nyaman bagi anak dengan tidak melanggar aturan yang melanggar islam, seperti berbohong.

Disamping metode nasihat, metode pembiasaan bias digunakan oleh pendidik sekaligus orng tua agar terbiasa husnuzzan. Misalnya orangtua mengingatkan anak jika mencela kekurangan saudaranya.

4.      Ta’aruf mendidik manusia untuk selalu saling menjalin komunikasi dengan sesame, karena banyaknya relasi merupakan salah satu cara untuk mempermudah datangnya rezeki. Rasulullah bersabda tentang pentingnya saling mengenal dan menyambung silaturrahmi yang artinya : Anas bin malik r.a berkata, saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dilanjutkan umurnya, hendaklah ia menyambung hubungan family (kerabat). (HR. Bukhari)

5.     Egaliter mendidik manusia untuk bersikap rendah hati, sedangkan rendah hati merupakan pakaian orang-orang yang beriman yang akan mengangkat derajatnyaa disisi Allah swt.

Terkait dengan upaya menanamkan sikap persamaan derajat diantara sesama maka seorang pendidik bias menggunakan metode ceramah dan nasihat. Pendidik hendaknya memberikan pengertian kepada muridnya bahwa kedudukan semua manusia adalah sama,tidak ada perbedaan antara yang kaya dan miskin, kulit hitam maupun putih, pitar dan bodoh. Karena semua itu tolak ukur yang sifatnya sementara. Sedangkan orang yang paling mulia adalah orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Oleh karenanya, tidak perlu menyombongkan diri ketika memiliki kelebihan disbanding yang lain. Bahkan seharusnya orang kaya membantu yang miskin yang pintar membantu yang bodoh. Metode keteladanan pun bisa digunakan oleh pendidik dalam rangka menanamkan sikap persamaan derajat. ( psikologi Agama, masganti hal: 70)

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support