"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Senin, 05 Juni 2023

CELAKA BAGI ORANG YANG ALIM YANG TIDAK MENGAMALKAN ILMUNYA

Nasihat Imam al-Ghazali: Wahai santriku, nasihat itu mudah sedangkan menerimanya sulit. Karena nasihat bagi pengikut nafsu terasa pahit ketika perkara yang dilarang itu disenangi dalam hatinya. Khususnya, bagi orang yang mencari ilmu formal dan menyibukkan diri mencari martabat serta kekayaan duniawi. Ia mengira bahwa ilmuan sich (al-mujarrad) membahagiakan dirinya dan paripurna, lantas lepas tangan dari mengamalkannya, ini keyakinan filosof.

Mahasuci Allah yang Agung. Orang yang terperdaya (maghrur) ini tidak mengerti bahwasannya setelah memperoleh ilmu, ketika tidak diamalkan, menjadi hujah penguat melawannya. Seperti yang disabdakan Rasulullah Saw: “Manusia yang paling pedih siksanya di hari kiamat adalah seorang alim yang Allah tidak memberikan manfaat atas ilmunya.”

Ada sebuah riwayat bahwa Imam Junaid-Semoga Allah menyucikan jiwanya bermimpi (tentang peristiwa) setelah meninggalnya. Ditanyakan padanya, “Ada kabar apa wahai Abu Qasim?” Dia menjawab, “Pertanyaan-pertanyaan telah gugur dan petunjuk-petunjuk telah sirna. Yang bermanfaat bagi kami hanya sebagian sholat tengah malam.

Dikutip dalam Kitab Ayyuhal Walad-Imam al-Ghazali

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support