"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 08 Juni 2023

SEMANGAT YANG MENGGEBU-GEBU TIDAK MAMPU MENGUBAH TAKDIR

“Semangat yang menggebu-gebu tidak akan menembus dinding-dinding takdir”

Sumber Ilmu.com-Semangat yang menggebu-gebu dalam bekerja dan berusaha, sehingga melampaui batas kewajaran, tetapi tidak akan mampu mengubah takdir yang ditentukan oleh Allah Swt. Tugas kita sebagai manusia hanyalah berusaha semampunya, sedangkan masalah hasil adalah ketentuan-Nya. Semua ketetapan-Nya adalah yang terbaik bagi hamba-Nya. Terkadang, kita merasa sesuatu itu tidak baik bagi kita, padahal menurut-Nya tidak demikian. Dan, terkadang kita merasa sesuatu itu buruk, padahal menurut-Nya adalah baik. Oleh karena itu, kita berdoa memohon yang terbaik bagi kita di dunia dan akhirat kelak.

Allah Swt berfirman:

“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu padahal amat baik bagimu. Dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS Al-Baqarah: 216)

Semua ini bukan berarti kita harus berpangku tangan dan mau tidak berusaha sama sekali. Ketika kita sudah mengerahkan semua kemampuan dan berusaha keras maka hendaknya kita tawakkal. Allah swt lebih tahu terhadap yang lebih baik bagi hamba-Nya. Dan, kita tidak layak memberontak dan membantah sesuatu yang diinginkan-Nya.

Di Kutip Dalam Kitab Al-Hikam-Syaikh Ibnu ‘Athaillah as-Sakandari


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support