"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 06 Juni 2023

MEMBERSIHKAN HATI DARI AMBISI DUNIAWI

Sumber Ilmu.com-Saudaraku, berjanjilah pada hatimu untuk selalu mengejar akhirat. Siapkanlah hatimu untuk akhirat. Lindungilah hatimu dari ambisi duniawi. Bersihkanlah hatimu dari mengingat-ingat dunia yang menyebabkan lahirnya ambisi dan obsesi duniawi.

Jangan biarkan hatimu berdampingan dengan sesuatu yang susah dicari. Jangan biarkan cahaya hatimu padam karena sesuatu itu. Jadikanlah hatimu selalu berada dalam konsentrasi mengejar sesuatu yang baik bagi akhiratmu. Ancamlah hatimu dengan siksaan karena dunia dan siksaan karena ketidakmampuan mensyukuri nikmat-nikmat yang telah kamu miliki.

Merasa cukuplah pada apa yang telah kamu miliki karena kamu tahu kelemahanmu dalam mensyukurinya. Sibukkan jiwa untuk memikirkan apa yang ada padamu dan jangan memikirkan urusan duniawi dan jangan menambahkan cintamu pada dunia.

Jika kamu meringankan jiwa dari pikiran  duniawi dan kamu tegaskan kekhawatiran akan apa yang telah kamu dapatkan, maka kamu akan puas dan ridha. Kamu akan berhenti mengejar dunia dengan sikap ambisi dan serakah. Kamu akan kembali pada akhirat dengan obsesi yang tinggi dan ambisi, karena nafsu dibangun di atas fondasi keserakahan.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support