"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 01 Juni 2023

BINATANG JUGA MENGUTUK KEBOHONGAN

Sumber Ilmu.com-Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah Rahimahullah menceritakan dari seorang kawannya yang terpercaya sebuah kejadian yang yang penuh ibroh, katanya: “Aku pernah melihat seekor semut datang menuju bangkai belalang, dia ingin mencoba menariknya tetapi dia tidak kuat untuk menariknya sendiri, lalu dia pergi tak jauh dari itu, kemudian datang dengan beberapa rombongan semut. Aku angkat belalang tersebut dari bumi. Tatkala si semut datang ke tempat area belalang, dia dan rombongan semut lainnya berputar-putar mencari kembali kesarangnya masing-masing. Setelah itu aku taruh kembali bangkai belalangnya. Semut itu datang lagi dan mendapatinya lalu berusaha untuk menariknya tapi tak kuat, maka dia pergi tak jauh memanggil teman-temannya sehingga mereka berdatangan tetapi saya angkat lagi belalangnya. Tatkala mereka berputar-putar tidak mendapatinya maka mereka pulang lagi.

Akupun kembali menaruh belalang lagi dan ternyata semut itu kembali lagi dan memanggil lagi teman-temannya lalu aku angkat lagi. Tatkala mereka sudah berputar-putar disekitar area tapi tak mendapatinya, maka merekapun membuat satu lingkaran dan menjadikan semut itu ditengah-tengah mereka kemudian mereka mengeroyoknya dan memotongnya satu persatu anggota tubuhnya. (Miftah Dar Sa'dah-Ibnu Qayyim Al Jauzi)

Diantara faedah kisah ini kekompakan hewan dan gotong royongnya mereka dalam meringankan beban. Dan faedah lainnya bahwa binatang pun membenci dan mengutuk para pembohong. Perhatikanlah tatkala para semut tadi  sudah merasa dibohongi sebanyak tiga kali, maka mereka menghukum pembohong tersebut dan mengeroyok nya ramai-ramai.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support