"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Senin, 05 Juni 2023

AKIBAT MENYAKITI BINATANG

Sumber Ilmu.com-Dikisahkan bahwa az-Zamakhsyari kakinya buntung, ketika di tanya tentang sebab dia mengatakan: “Karena doa Ibuku, sebab dulu ketika aku masih kecil aku merawat burung lalu aku ikat kakinya dengan tali, tenyata dia lepas dariku dan sayapun mengejarnya hingga dia masuk ke sebuah lubang, akupun menariknya hingga kakinya patah.” Melihat hal itu, ibuku benar-benar marah lalu berucap,”Semoga Allah mematahkan kakimu sebagaimana kamu telah mematahkan kakinya.” Ketika aku sudah dewasa, aku pergi ke Bukhara untuk menuntut ilmu lalu aku jatuh dari hewan kendaraanku, kakiku patah dan harus di operasi untuk memotongnya.”

Dalam kisah ini terdapat faedah sebuah kaidah berbunyi “al-jaza’ min jinsil amal” (balasan itu tergantung pada alam perbuatan), juga menunjukkan bahwa doa seorang ibu akan terkabulkan, serta anjuran untuk kasih sayang kepada binatang.

Dikutip dalam Kitab: 100 Kisah Menarik Penuh Hikmah-Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support