"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 01 Juni 2023

PEMIMPIN TULI YANG BIJAK

Sumber Ilmu.com-Suatu hari seorang Darwis (Zahid/ulama) menemui “Amir al-Mukminin (pemimpin kaum muslimin, raja) di istananya. Kedatangannya ke istana untuk menenuhi undangan raja. Raja berharap memperoleh nasehat dari sang darwis. Sesudah sesudah menghormat dan mendengarkan maksudnya, ia kemudian mengatakan, “Wahai Amirul Mukminin, aku baru saja pulang dari pengembaraan yang cukup lama di negeri China. Pemimpin China itu mengalami sakit pendengaran sehingga tuli, tak bisa mendengar. Suatu hari aku mendengar beliau menangis. Ketika ditanya mengapa menangis, dia menjawab, “Demi Tuhan, aku tidak pernah menangisi nasibku yang tak bisa mendengar atau tuli ini. Keputusan Tuhan pastilah baik. Tapi menangis karena melihat di depan pintu istana ada rakyatku yang hatinya sakit, karena teraniaya hak-hakya. Dia tampaknya menjerit meminta tolong, tetapi aku tidak mendengarnya. Meskipun demikian, aku bersyukur kepada Tuhan karena mataku masih bisa melihat dengan jelas.

Sang pemimpin China lalu memanggil pembantunya dan memintanya untuk mengumumkan kepada khalayak rakyat: “Siapa saja di antara rakyatku yang dizhalimi agar mengenakan baju merah.”

Sang pemimpin kemudian naik ke atas punggung gajah dan berkeliling menyusuri jalan-jalan di pelosok-pelosok negeri itu. Manakala matanya melihat orang berbaju merah, dia memanggil dan memintanya menceritakan nasib dirinya. Ia kemudian memerintahkan menterinya untuk segera memperhatikan pengaduannya dan menyelesaikan sesuai dengan hukum adil.

Si darwis pengembara itu mengatakan, “Lihatlah Tuan Amirul Mukminin, betapa dia yang kafir (menurut keyakinanmu) itu memberikan kasih saying dan perhatiannya yang luar biasa kepada hamba-hamba Allah. Tuan adalah seorang mukmin, bahkan juga termasuk keturunan Nabi. Aku ingin melihat bagaimana Tuan bisa bertindak terhadap rakyatmu dengan penuh kasih, (seperti dia). (Al Ghazali, al-Tibr al Masbuk hal. 24)

 

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support