"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 06 Juni 2023

ALAM RUH

Dalam Islam banyak menjelaskan keberadaan ruh sebelum alam ini, dikatakan bahwa alam ruh sebelum alam ini sekitar dua ribu tahun lamanya. Islam juga menyebutkan alam lain yang disebut ‘alam dzar. Diceritakan bahwa pada alam dzar, Tuhan mengambil ‘ahd dan perjanjian dari makhluk-makhluknya. Kejadian alam itu menurut apa yang dituturkan oleh ulama sunni sebagai berikut:

Tuhan menciptakan seluruh ruh manusia sejak nabi Adam as, sampai hari kiamat tanpa ruh itu hidup bergantung pada sesuatu pun. Kemudian ruh itu hidup selama dua ribu tahun sampai Tuhan menciptakan badan-badan yang sangat kecil tetapi cermat, badan-badan itu itu diciptakan seperti badan-badan kita sekarang, lalu Tuhan memasukkan ruh-ruh itu ke badan-badan itu. Alam yang pertama ketika ruh hidup tanpa bergantung pada yang lain disebut alam arwah dan alam kedua disebut alam dzar atau alam mistaq. Tafsir Fakhrurrazi ketika menerangkan surat al-a’raf:173, menyebutkan beberapa riwayat dan hadits yang bersanad shahih (menurut beliau) bahwa Rasulullah saw, ketika Tuhan menciptakan nabi Adam as, Tuhan mengusap punggung nabi Adam, dan dari punggung itu keluar seluruh keturunan nabi Adam sampai hari kiamat berupa butiran-butiran kecil.

Riwayat lain menjelaskan bahwa Tuhan menciptakan seluruh ruh manusia dua ribu tahun sebelum badannya di ciptakan dalam bentuk butiran kecil yang kemudian hidup di alam dzar. Lalu ketika Tuhan menciptakan nabi Adam (atau sebelum itu) Tuhan ciptakan badan-badan kecil seperti badan kita sekarang ini, dan sejak itulah ruh hidup bersama badan kecil ini di alam dzar sebagaimana kita hidup sekarang. Mereka berhubungan satu sama lain seperti layaknya kita sekarang.

Dari ayat dan riwayat di atas dapat disimpulkan bahwa ruh manusia pada alam sebelum alam ini, bertemu dengan ruh lain yang kemudian membawa pengaruh di alam sekarang ini, (kadangkala kita merasa kenal atau dekat dengan seseorang yang tidak kenal, yang mungkin disebabkan oleh hubungan ruh di alam tersebut) walaupun ia lupa dimana dan bagaimana ia pernah melihat orang itu. Rasulullah saw bersabda bahwa ruh-ruh yang hidup pada masa sebelum alam ini, mengenal satu sama lain dank arena itu siapapun di dunia ini, ketika melihat orang dari golongannya akan tergetar hatinya untuk berbagi rasa dengannya, sepertinya ia merasa bahwa ia kenal dengannya. Keadaan yang sebaliknya akan terjadi jika ruh-ruh itu tidak saling mengenal di alam itu.

Rahasia Alam Arwah-Sayid Hasan Abthahiy


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support