"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 21 Januari 2023

SIBUK MENULIS SAMPAI LUPA MAKAN

 

Mhd. Reza Fahlevi ZA, M.Pd

(Guru MAS Al Washliyah Desa Pakam-Batubara)

Ibnu Suhnun, begitu banyak orang yang memanggilnya. Nama itu sesungguhnya adalah julukan. Maknanya “Si pemikir kritis dan tajam.” Nama lengkapnya adalah Abdullah Muhammad. Lahir tahun 201 H di desa Gadat, Maroko. Ia lahir dari keluarga ulama bermazhab Maliki sebagaimana dianut pada umumnya masyarakat Maroko.

Namanya sangat dikenal publik sebagai ulama besar ahli dalam banyak disiplin ilmu keislaman, kharismatik, fasih, sangat cerdas. Hari-harinya dihabiskan untuk membaca, mengajar, dan menulis buku. Hampir tidak ada waktu kosong. Setiap hari pengajian yang diselenggarakannya dihadiri tidak kurang dari 400 orang santrinya.

Suhnun juga menulis sejumlah buku Antara lain yang terkenal: Adab al-‘Alim (etika guru/ulama), Musnad al-Ahadits, Risalah fi al Sunnah, Kitab al-Ibadah da Ajwibah Ibn Suhnun (jawaban-jawaban Ibnu Suhnun atas berbagai problem kehidupan dalam masyarakat)

Ada yang menarik tentang ulama besar ini. Sangat rajin membaca sampai lupa makan. Ini dikisahkan dalam kitab Tartib al-Madarik karya Qadhi Iyadh. Imam Suhnun suatu hari sibuk menulis sebuah kitab hadis. Pembantu rumahnya, Ummu Madam, datang memberitahu waktu makan. Suhnun bilang “Tunggu ya, masih sibuk.” Sang pembantu menunggu saja, bahkan sampai berjam-jam. Dia merasakan majikannya sangat lapar, meski tak dirasakannya. Maka dia mengambil makanan, lalu menyuapinya sesuap demi sesuap. Majikannya diam saja. Matanya terus membaca buku-buku referensi dan tangannya terus menulis. Dan waktu terus berjalan sampai suara terdengar. Suhnun baru berhenti, dan meminta pembantunya menambil makanan yang tadi ditawarkannya itu. Katanya: “Maafkan aku Ummi Madam, aku tadi sangat sibuk. Ambillah makanan itu”. Ummi Madam menjawab: “Tuan, aku tadi telah menyuapimu.” Sang tuan menjawab, “Lho, kok aku enggak merasa ya?”

(Dikutip dalam Kitab Lisalul Hal)

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support