"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Jumat, 20 Januari 2023

KEBERANIAN ADALAH KEBERANIAN ADALAH KEBERANIAN

Sudah lama dinyatakan bahwa ada dua jenis keberanian, yaitu keberanian fisik dan moral.

Keberanian fisik adalah kesatria yang turun laga. Contohnya seperti pemadam kebakaran yang memasuki bangunan terbakar. Penjelajah yang menuju kutub, menantang alam.

Keberanian moral adalah pembongkar rahasia yang menantang pihak-pihak berkuasa. Orang yang berani menyatakan kebenaran yang tak bakal diungkap oleh orang lain. Pengusaha yang mulai berbisnis, dan mengadu nasib.

Keberanian adalah resiko.

Keberanian adalah pengorbanan..

…komitmen.

…kegigihan

…kebenaran

…tekad.

Ketika kita melakukan sesuatu yang orang lain tak bisa atau tak mau lakukan. Ketika kita melakukan sesuatu yang orang lain pikir kita tak seharusnya atau tak bisa lakukan. Kalau tak demikian, itu bukan keberanian. Kita harus menantang sesuatu atau seseorang.

Tetap saja, keberanian adalah sesuatu yang sukar didefenisikan. Kita mengenalinya bila melihatnya, tapi sukar menyatakannya. Sesuai dengan itu, tujuan buku ini bukan memberi defenisi. Keberanian, yang lebih langka dari pada permata berharga, adalah sesuatu yang mesti kita amati dari orang banyak. Dengan mengamati berbagai bagian dan potongannya, kesempurnaan dan ketidaksempurnaannya, kita bisa mendapat pemahaman akan nilai keseluruhannya. Tiap sudut pandang memberi kita tambahan wawasan.

Perlu keberanian untuk mencalonkan diri sebag pejabat public. Perlu keberanian untuk menerbitkan karya tulis. Ada keputusan pindah partai politik. Ikut bertempur pada Perang Dunia I.

Ada jugakah kegagalan-kegagalan keberanian sepanjang jalan itu? Kesalahan yang dibuat? Kesempatan yang tak diambil? Tak diragukan lagi. Namun, mari kita melihat momen-momen keberanian dan belajar darinya, bukan focus ke kekurangan pihak lain sebagai alasan untuk kekurangan diri sendiri.

Sejarah di tulis dengan darah, keringat, dan air mata serta tertatah di keabadian oleh ketahanan orang-orang yang berani.

Orang yang menaklukkan rasa takut, bertindak dengan keberanian, dan dalam beberapa kasus, sejenak mencapai tataran kehidupan yang lebih tinggi mereka memasuki aula para pahlawan, setara dan sejajar dengan seisinya.

Keberaian menyeru kepada tiap kita dengan berbeda, pada waktu berbeda, dalam bentuk yang berbeda. Namun ditiap kasus, keberanian bersal dari dalam.

Pertama, kita dipanggil untuk melampaui rasa takut dan pengecut. Kemudian, kita diseur untuk berani menghadapi keadaan, kemungkinan, keterbatasan. Akhirnya, kita diajak menjadi pahlawan, barangkali untuk satu saat kejayaan saja, ketika kita diminta melakukan sesuatu bagi pihak selain diri sendiri.

Panggilan apapun yang anda dengar sekarang, yang penting adalah anda menjawabnya. Yang penting adalah anda menanggapinya.

Di dunia buruk rupa, keberanian itu indah. Keberanian memungkinkan keberadaan hal-hal yang indah.

Kata siapa kebenaran harus langka?

Anda mengambil buku ini karena anda tahu keberanian tak harus langka.

(Dikutip dalam buku Courage Is a Call to Action-Ryan Holiday)

 


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support