"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 24 Januari 2023

PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

 Oleh: Mhd. Reza Fahlevi, M.Pd

Menurut kajian Pendidikan Islam, pendidik dalam bahasa arab di sebut  dengan mu’allim, ustadz, murabbiy, mursyid, mudaris, muaddib masing-masing dengan makna yang berbeda, sesuai dengan konteks kalimatnya, walaupun dalam situasi tertentu mempunyai kesamaan makna.

Mu’allim, berasal dari kata ‘ilim yang berarti menangkap sesuatu. Dalam setiap ‘ilm terkandung dimensi teoritis dan dimensi praktek. Al’Alim jamaknya ulama atau Al-Mu’allimun, juga berarti orang yang mengetahui dan banyak digunakan para ulama/ahli pendidikan untuk menunjuk pada hati guru. Selain itu, terdapat pula istilah ustadz untuk menunjuk kepada arti guru yang khusus mengajar bidang pengetahuan agama Islam. Ustadz juga bias digunakan untuk memanggil seseorang professor, dimana maknanya bahwa seseorang pendidik (guru) dituntut untuk komitmen terhadap profesionalisme dalam mengemban tugas.

Murabbiy, berasal dari kata rabb, Tuhan adalah sebagai rabb al-‘alamin dan rabb al nas, yakni yang menciptakan, mengatur dan memelihara alam seisinya termasuk manusia.

Mursyid, biasa digunakan untuk pendidik (guru) dalam thariqah (tasawuf), dimana pendidik harus berusaha menularkan penghayatan akhlak dan kepribadiannya kepeda peserta didiknya, baik yang berupa etos ibadahnya, etos kerjanya, etos belajarnya, maupun dedikasinya yang serba lillahi ta’ala.

Mudarris, berasal dari akar kata darasa-yadrisu-darsan wa durusan wa dirasatan, yang berarti terhapus, hilang bekasnya, menghapus, menjadikan using, melatih dan mempelajari. Selain itu adapula sebagian ulama yang menggunakan istilah al-mudarris untuk arti yang mengajar atau orang yang memberi pelajaran.

Mu’addib, berasal dari kata adab yang berarti moral, etika, dan adab atau kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir dan batin.

Sedangkan secara istilah pendidik  adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif, kognitif, dan psikomotorik sesuai dengan  nilai-nilai ajaran Islam.

Adapun Sifat dan Karakteristik Kepribadian Pendidik Muslim

Pendidik dalam hal ini guru, instruktur, ustadz atau dosen dll. Memegang peranan penting dalam keberlangsungan kegiatan pengajaran dan pendidikan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Berikut ini akan diuraikan beberapa pendapat para ahli pendidikan Islam tentang sifat dan karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh setiap pendidik muslim sejati.




Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support