"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 21 Januari 2023

SEORANG ULAMA MENUTUPI AIB WANITA PEZINA

 

Dahulu ada seorang ulama dan ahli hadis yang bernama Ahmad bin Mahdi bin Rustam. Selain banyak meriwayatkan hadis lagi terpercaya, dia juga memiliki banyak harta. Dia menafkahi para ulama pada zamannya sebanyak 300 ribu dirham. Suatu saat pernah ada seorang wanita datang kepadanya seraya mengatakan, “Demi Allah, tutuplah aibku. Aku telah diperkosa. Kini aku mengandung, dan aku bilang pada orang-orang bahwa anda adalah suamiku. Maka janganlah bongkar aibku.” Sang alim diam mendengar penuturannya.

Setelah beberapa hari, kepala desa dan para tetangga datang untuk mengucapkan selamat akan lahirnya anak, sang alim pun menampakkan kegembiraan dan mengirimkan dua dinar sebagai nafkah untuk wanita tersebut. Demikian setiap bulannya. Setelah itu bayinya meninggal dunia. Orang-orang pun bertakziah kepadanya dan dia menampakkan kesedihan dan kepasrahan kepada Allah.

Beberapa hari kemudian, wanita itu datang kepadanya dengan membawa emas seraya berkata, “Semoga Allah menutupi abi Anda,  ambilah emas anda.” Maka sang alim mengatakan kepadanya, “dinar-dinar ini adalah pemberianku untuk sikecil, dan sekarang engkaulah yang berhak mewarisinya.”

Lihatlah akhlak ulama tersebut menutupi aib wanita pezina tersebut yang justru telah mencoreng nama baiknya. Dia tidak malah membongkar aib si wanita. Lantas, bagaimana pendapat anda dengan sikap sebagian kalangan yang hobi menyebarkan aib manusia yang aktif dalam dakwah dan ilmu?!!

(Dikutip dalam kitab 1000 Kisah penuh Ibrah)

 

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support