"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 19 Agustus 2023

HADIS PADA MASA USMAN BIN AFFAN RA

Pada masa kekhalifahan Usman bin Affan, periwayatan hadis tetap dilakukan dengan cara yang sama dengan dua khalifah pendahulunya. Sikap kehati-hatian dalam menyampaikan dan menerima periwayatan hadis selalu dipegang oleh Usman bin Affan. Hanya saja, usaha yang dilakukan oleh Usman bin Affan tidak setegas yang dilakukan oleh Umar bin Khattab ra. Sikap kehati-hatian Usman bin Affan dapat dilihat, misalnya, pada saat beliau berkhutbah, dimana beliau meminta kepada para sahabat untuk tidak banyak meriwayatkan hadis yang mereka tidak pernah mendengar hadis tersebut pada masa Abu Bakar as-Siddiq rad an Umar bin Khattab ra. Dengan pernyataan ini, Usman bin Affan ingin menunjukkan bahwa dalam persoalan periwayatan hadis dirinya ingin juga bersikap hati0hati seperti yang dilakukan oleh khalifah pendahulunya.

Sikap kehati-hatian yang dilakukan Usman bin Affan ini tentunya juga berpengaruh kepada banyak sedikitnya beliau meriwayatkan hadis. Ahmad bin Hambal misalnya, meriwayatkan hadis Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Usman bin Affan ini tidak lebih dari empat puluh buah hadis. Itupun banyak matan yang terulang karena perbedaan sanad. Atau dengan kata lain, jumlah hadis yang diriwayatkan oleh Usman bin Affan tidak sebanyak jumlah hadis yang diriwayatkan oleh Umar.

Meskipun Usman dalam khutbahnya menyeru umat Islam untuk berhati-hati dalam meriwayatkan hadis, pada zaman ini kegiatan umat Islam dalam meriwayatkan hadis telah banyak jika dibandingkan dengan kegiatan periwayatan hadis pada zaman dua khalifah sebelumnya. Hal ini disebabkan karena selain pribadi Usman tidak sekeras Umar, juga karena semakin luasnya wilayah Islam sehingga mengakibatkan bertambahnya kesulitan pengendalian periwayatan hadis secara ketat.

Sumber : Ilmu Hadis Kementerian Agama RI

NB: (Untuk kalangan Siswa Madrasah Aliyah Kelas X)


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support