"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Rabu, 16 Agustus 2023

HADIS PADA MASA ABU BAKAR AS-SIDDIQ RA.

Sikap kehati-hatian terhadap periwayatan hadis ditunjukkan oleh khalifah pertama, Abu Bakar As-Siddiq. Khalifah pertama ini menunjukkan perhatian yang serius dalam memelihara hadis. Abu Bakar as-Siddiq mengambil kebijakan memperketat periwayatan hadis agar tidak disalah gunakan oleh orang-orang munafik.

Sikap ketat dan kehati-hatian Abu Bakar tersebut juga ditunjukkan dengan tindakan konkret, yakni dengan membakar catatan-catatan hadis yang beliau miliki. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh ‘Aisyah, putri Abu Bakar, bahwa Abu Bakar telah membakar catatan yang berisi sekitar lima ratus hadis. Tindakan Abu Bakar tersebut lebih dilator belakangi oleh kekhawatiran beliau dalam meriwayatkan hadis. Dilain kesempatan, Abu Bakar juga tidak serta menerima begitu saja riwayat suatu hadis, sebelum meneliti terlebih dahulu periwayatnya.

Untuk membuktikan suatu hadis benar-benar berasal dari Rasulullah, beliau meminta kepada periwayat hadis untuk mendatangkan saksi. Sebagai konsekuensi sikap kehati-hatian Abu Bakar ini, hadis-hadis yang diriwayatkan beliau relatif sedikit jumlahnya meskipun beliau merupakan sahabat yang paling dekat dan paling akrab dengan Nabi Saw. selain itu, ada beberapa hal yang menyebabkan sedikitnya riwayat Abu Bakar antara lain, pertama, beliau selalu sibuk ketika menjabat sebagai khalifah; kedua, kebutuhan akan hadis tidak sebanyak pada zaman sesudahnya; dan ketiga, jarak antara meninggalnya beliau dengan meninggalnya Nabi Muhammad Saw sangat singkat.

Dengan demikian, dapat diketahui bahwa aktivitas periwayatan hadis pada masa khalifah Abu Bakar as-Siddiq ra. Masih sangat terbatas dan belum menonjol. Pada masa ini pula umat Islam dihadapkan pada peristiwa-peristiwa yang sangat menyita waktu, seperti adanya berbagai pemberontakan yang dapat merongrong kewibawaan pemerintah sepeninggalan Rasulullah Saw. Namun akhirnya, kesemuanya itu dapat diatasi oleh Abu Bakar dengan baik.

Sumber : Ilmu Hadis Kementerian Agama RI

NB: (Untuk kalangan Siswa Madrasah Aliyah Kelas X)



Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support