"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 19 Agustus 2023

HADIS PADA MASA UMAR BIN KHATTAB RA

Sikap dan tindakan hati-hati Abu Bakar as-Siddiq menginspirasi tindakan yang dilakukan oleh khalifah kedua, Umar bin Khattab. Umar bin Khattab dalam hal ini juga terkenal sebagai orang yang sangat hati-hati dalam meriwayatkan suatu hadis. Beliau tidak mau menerima suatu riwayat apabila tidak disaksikan oleh sahabat yang lain.

Sebagian ahli hadis mengemukakan bahwa Abu Bakar as-Siddiq ra dan Umar bin Khattab menggariskan bahwa periwayatan hadis dapat di terima apabila disertai saksi atau setidak-tidaknya periwayat berani disumpah. Sikap kehati-hatian Umar bin Khattab yang seolah-olah melarang sahabat lain untuk memperbanyak periwayatan hadis ini harus ditafsiri bahwa selain kaum muslimin harus berhati-hati dalam meriwayatkan hadis, juga supaya perhatian mereka terhadap Al-Quran tidak terganggu. Hal ini tentunya dapat dipahami karena memang pada saat itu, naskah Al-Quran masih sangat terbatas jumlahnya belum menyebar ke daerah-daerah kekuasaan Islam. Sehingga dikhawatirkan umat Islam yang baru memeluk Islam saat itu tidak bisa membedakan antara Al-Quran dan Hadis.

Meskipun demikian, pada masa khalifah Umar ini periwayatan hadis juga telah banyak dilakukan oleh kaum muslimin. Yang tentunya, dalam periwayatan tersebut tetap menggunakan kehati-hatian. Sikap kehati-hatian yang dilakukan Umar ini disamping untuk menghindarkan kekeliruan dalam meriwayatkan hadis juga dapat menghalangi orang yang tidak bertanggung jawab melakukan pemalsuan hadis.

Sumber : Ilmu Hadis Kementerian Agama RI

NB: (Untuk kalangan Siswa Madrasah Aliyah Kelas X)


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support