"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Rabu, 16 Agustus 2023

NASIB PEMAKAN RIBA KETIKA BERBANGKIT

Allah Swt berfirman: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak akan dapat berdiri, melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.”(QS. Al Baqarah: 275)

Ahli tafsir berkata, “Yang dimaksud berdiri dalam ayat ini bukan berdiri dalam kubur mereka. Ini adalah pendapat Ibnu Abbas, Mujahid, Ibnu Jabir, Qatadah, Rabi’, Sadi, Adh Dhahak, Ibn Zaid dan ahli tafsir yang lain.

Ada ulama yang berkata, “Sebagian ulama mengatakan bahwa Allah Swt akan menjadikan untuknya setan yang akan mencekik lehernya.”

Ahli-ahli tafsir berkata, “Semua akan dibangkitkan pada hari kiamat seperti orang yang dicekik sebagai hukum baginya, supaya seluruh yang ada dipadang Mahsyar benci kepadanya. Hal ini juga sebagai tanda yang dijadikan Allah Swt kepada pemakan riba, karena riba akan memenuhi perutnya sehingga menjadi beban yang sangat memberatkan mereka. Apabila mereka telah keluar dari dalam kuburnya, maka mereka berdiri tapi segera jatuh karena perut mereka sangat besar sehingga sangat memberatkan mereka.”

Kita mohon kepada Allah Swt agar ia tutupi semua kesalahan dan dosa kita serta diberi keselamatan dan kesejahteraan, baik di dunia maupun diakhirat.

Sumber: Ensiklopedi Kematian-Imam Al-Qurtubi

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support