"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Rabu, 30 Agustus 2023

MENGENAL IBNU MAJAH ULAMA PENTAKHRIJ HADIS

Nama lengkapnya adalah Abū Abdillah Muh ̣ammad bin Yazid bin Mājah al-Quzwini. Lahir di Quzwini, Irak tahun 207 H/ 824 M. Sejak berusia 15 tahun, Ibnu Majah sudah menekuni hadis dan belajar kepada tokoh-tokoh ulama pada zamannya. Ia pun merantau ke berbagai kota di dunia Islam, sebagaimana tokoh-tokoh ulama besar lainnya.

Imam Ibnu Majah, selain terkenal sebagai ulama hadis, juga ahli dalam tafsir AlQur’an, dan sejarah kebudayaan Islam. Hal ini terlihat dari tiga karya besarnya, Sunan Ibnu Mājah, Tafsir Al-Qur’an al-Karim, dan Sejarah perawi hadis (at-Tarikh). Dalam buku yang terakhir ini, beliau mengambil para perawi hadis sejak masa Nabi sampai pada masanya. Dari tiga karya Ibnu Majah tersebut yang sampai ke tangan kita hanya yang pertama, yaitu Kitab Sunan Ibnu Mājah.

Kitab Sunan Ibn Mājah yang disusun seperti bab fikih, jumlah hadisnya sebanyak 4.341 buah hadis. 3002 hadis di antaranya diriwayatkan oleh Aṣhāb al-Khamsah dan 1.339 buah hadis diriwayatkan oleh Ibn Majah. Di dalamnya terdapat hadis ṣaḥiḥ, ḥasan dan ḍa`if

Ibnu Kaśīr berkata : “Muhammad bin Yazid bin Majah pemilik kitab al-Sunan yang terkenal. Kitab ini menunjukkan atas amal, ilmu, kedalaman, ketajaman dan konsistensinya dalam mengikuti sunnah baik dalam masalah-masalah yang mendasar (ushul) maupun masalah cabang (furu’).

Para ulama sebelum abad ke-6 H belum memasukkannya ke dalam Buku Induk Hadis Enam (Ummahat al-Kutub al-Sittah) kemudian dimasukkannya setingkat (al-Muwatṭ̣,a’) karya Imam Malik. Para ulama mendahulukan Sunan Ibnu Mājah daripada al-Muwatṭ̣,a’’ dalam gabungan Buku Induk Hadis Enam tersebut, karena di dalamnya terdapat beberapa hadis yang tidak didapati dalam kitab lima, dan didapat lebih banyak dari al-Muwatṭ̣,a' bukan berarti ia lebih unggul dari al-Muwatṭ̣,a'. Beliau meninggal dunia pada tanggal 22 Ramadhan 273 H.

Sumber : Ilmu Hadis kementerian Agama RI

NB : Untuk Kalangan Siswa Madrasah Aliyah Kelas X

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support