"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Sabtu, 19 Agustus 2023

HADIS PADA MASA ALI BIN ABI THALIB RA

Sikap kehati-hatian dalam meriwayatkan hadis tetap menjadi prinsip utama yang dipegang oleh Ali bin Abi Thalib artinya, Ali bin Abi Thalib tetap berhati-hati dalam meriwayatkan hadis bahkan beliau baru bersedia menerima suatu riwayat apabila periwayat hadis tersebut mengucapkan sumpah bahwa hadis tersebut benar-benar berasal dari Nabi Muhammad Saw hanya saja, terhadap orang-orang yang benar-benar dipercayainya Ali tidak memintanya untuk bersumpah. Dengan kata lain, fungsisumpah dalam periwayatan hadis bagi Ali tidaklah menjadi syarat mutlak keabsahan periwayatan suatu hadis. Ali bin Abi Thalib termasuk sahabat yang cukup banyak meriwayatkan hadis nabi. Hadis yang beliau riwayatkan selain bentuk lisan, juga dalam bentuk tulisan (catatan).

Hadis yang diriwayatkan Ali dalam bentuk tulisan berkisar tentang hukuman denda (diyat), pembebasan orang Islam yang ditawan orang kafir, dan larangan melakukan hukuman qisas terhadap orang Islam yang membunuh orang kafir.

Ditinjau dari kebijakan pemerintah, kehati-hatian dalam kegiatan periwayatan hadis pada masa Ali bin Abi Thalib sama dengan periode sebelumnya. Akan tetapi situasi umat Islam pada masa Ali bin Abi Thalib telah berbeda dengan situasi sebelumnya. Pertentangan politik Umat Islam pada masa ini semakin menajam. Peperangang antara pendukung Ali dan Mu’awiyah telah terjadi. Kepentingan politik telah mendorong pihak-pihak tertentu melakukan pemalsuan hadis. Sehingga tidak semua periwayatan hadis dapat dipercaya.

Sumber : Ilmu Hadis Kementerian Agama RI

NB: (Untuk kalangan Siswa Madrasah Aliyah Kelas X)


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support