"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Senin, 07 Agustus 2023

Ada Apa Dengan India?

Gen Saladin |

Yang terjadi baru-baru ini

Seorang polisi Polisi Kereta Api menembak mati tiga penumpang Muslim. Setelah menembak, dia memuji pemimpin Nasionalis Hindu Modi & Yogi.

 

Gadis kecil muslimah diperkosa oleh geng dan videonya diedarkan oleh mereka sebagai tindakan membanggakan.

 

Seorang wanita muslimah diserang, pakaiannya dirobek di depan umum oleh sekelompok pria India dan ketika seorang pria muslim mencoba menyelamatkannya, dia hampir mati digantung.  Orang-orang itu berteriak, "Ini pemerintah kami, kami akan melakukan apa pun yang kami inginkan."

 

Dua siswa muslim sebuah Madrasah yang pulang dari pasar dihentikan dan dipukuli oleh penduduk setempat.

 

Seorang Muslim terbunuh sementara lima lainnya selamat dari hukuman mati tanpa pengadilan.

 

Sebuah masjid dibakar dan imam ditembak mati oleh ekstremis agama setempat.

 

India nyatanya tak baik-baik saja. Ada banyak kekerasan terhadap Kaum Muslimin sejak pemisahan India pada tahun 1947, seringkali dalam bentuk serangan kekerasan terhadap Muslim oleh massa ekstremis agama setempat. Dalam buku "Islam and the Secular State: Negotiating the Future of Shari'a", dinyatakan lebih dari 10 ribu orang telah tewas dalam kekerasan komunal Hindu-Muslim sejak tahun 1950 dalam 6.933 kasus kekerasan komunal antara tahun 1954 dan 1982.

 

Efek Pembenturan Penjajah

 

Salah satu Akar kekerasan anti-Muslim di India nyatanya berasal dari kebijakan memecah belah yang dibuat oleh penjajah selama periode pemerintahan Inggris. Mereka melihat umat Hindu dan Kaum Muslimin bekerja sama dalam pemberontakan melawan East India Company), dan pembagian India menjadi Pakistan yang mayoritas Muslim dan negara bagian India dengan minoritas Muslim.

 

Semakin lama, pembelahan ini makin parah apalagi dengan munculnya pemikiran di tengah masyarakat agama mayoritas setempat bahwa mereka adalah ras terbaik dan tidak ada tempat bagi muslim di India. Sejak mantan pemimpin BJP LK Advani membawa ideologi Hindutva ke arus utama politik India melalui Ram Rath Yatra, serangan kekerasan terhadap minoritas Muslim telah meningkat. Para pemerhati kebijakan publik India berpendapat bahwa retorika, politik, dan kebijakan anti-Muslim terbukti bermanfaat bagi para pemimpin Hindutva, terutama BJP, dan karena menguntungkan politik mereka.

 

Tingkat Kelahiran Umat yang Tinggi

 

Tingkat kelahiran yang lebih tinggi di kalangan Umat Muslimin telah menjadi tema pembahasan berulang yang digaungkan oleh kaum ekstremis kanan. Mereka mengklaim bahwa tingkat kelahiran yang lebih tinggi di kalangan umat Islam adalah bagian dari rencana untuk mengubah umat Hindu menjadi minoritas di negara mereka sendiri, sebagaimana diungkap oleh Constanze Weigl dalam "An Ethnographic Study in a Low-income Community in Urban North India."

 

Sejak Kapan Islam Sampai ke India?

 

Jika kita simpulkan, Islam telah sampai ke India di masa generasi Tabi'in. Ia dimulai pada tahun 712, setelah pembebasan Sindh dan Multan oleh kekhalifahan Umayyah. Sejak akhir abad ke-12 dan seterusnya, banyak kesultanan Muslim memimpin anak benua tersebut, terutama kesultanan Delhi dan Mughal. Berbagai kerajaan Muslim lainnya menguasai sebagian besar Asia Selatan dari pertengahan abad ke-14 hingga akhir abad ke-18, termasuk Kesultanan Bahmani, Benggala, Gujarat, Malwa, Mysore, Karnatik, dan Deccan.

 

Tahukah kamu? Di masa kepemimpinan muslimin Mughal atas India, negeri itu pernah menjadi yang paling kaya di dunia. Ada masanya ketika India memproduksi 24,5% dari manufaktur dunia sampai tahun 1750.

 

Referensi:

1. India's Deindustrialization in the 18th and 19th Centuries

2. Concise History of Islam

3. المسلمون في الهند من تاريخ عظيم إلى واقع أليم ـ مظاهر وأسباب

4. Islam and the Secular State: Negotiating the Future of Shari'aj

Rumah Dakwah As Sakinah

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support