"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 10 Agustus 2023

HUKUM ZIARAH KUBUR BAGI LAKI-LAKI DAN WANITA

 

Berdasarkan kesepakatan para ulama, ziarah kubur bagi laki-laki itu hukumnya boleh. Tetapi, mereka berbeda pendapat tentang ziarah kubur bagi kaum wanita. Bahkan bagi kaum wanita yang masih muda, hukumnya haram. Ada juga yang berpendapat boleh hukumnya ziarah kubur bagi semua kaum wanita, asalkan mereka tidak berbaur dengan kaum laki-laki. Menurut pendapat ini, sabda Nabi Saw., “Karenanya,  ziarah kuburlah kalian,” adalah bersifat umum, berlaku untuk laki-laki dan wanita.

Ziarah kubur pada waktu dan ditempat yang bisa menimbulkan fitnah akibat berbaurnya laki-laki dan wanita, hal itu tidak diperbolehkan dan tidak halal, karena pandangan laki-laki terhadap wanita, atau sebaliknya dapat menimbulkan fitnah.

Menurut sebagian ulama, kutukan atau laknat Nabi Saw. terhadap wanita-wanitayang berziarah kubur itu berlaku sebelum ada rukshah (keringanan) ziarah kubur. Setelah beliau memberi rukhsah , maka hal itu sudah mencakup kaum laki-laki dan kaum wanita. Jadi, pendapat pertama yang telah disampaikan itulah yang paling shahih.

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, sesungguhnya dia pernah pergi ke suatu kuburan. Setibanya disana, dia berkata, “Hai para penghuni kubur, kabarkan kepada kami tentang kalian, atau kami akan mengabarkan kepada kalian. Kalau kabar dari kami, harta kalian sudah dibagikan, istri-istri kalian sudah menikah lagi, dan temapt tinggal mu sudah ditempati orang lain.” Lalu Ali berkata lagi, “Demi Allah, seandainya mereka bisa menjawab, mereka akan mengatakan, bagi kami bekal yang baik adalah takwa.”

Sungguh indah apa yang dikatakan oleh Abu al-Athiyah,

“Heran aku kepada manusia, seandainya mereka mau intropeksi diri, melihat, dan melewatkan dunia pada yang lain, mereka akan tahu bahwa dunia itu hanyalah sebuah jembatan tidak ada kebanggan sejati kecuali kebanggan orang-orang yang bertakwa kelak ketika Allah mengumpulkan semua makhluk di Padang Mahsyar mereka akan tahu bahwa bertakwa dan berbakti adalah simpanan yang terbaik. Aku heran kepada orang yang sombong padahal ia akan dikubur tanpa punya kuasa untuk menyegerakan yang diharapkan  dan menangguhkan yang ditakuti semua yang diusahakan berpindah kepada orang lain.”

Kitab At-Tadzkirah : Imam Al-Qurtubi

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support