"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 13 Juli 2023

BERITA GEMBIRA UNTUK ORANG FAKIR-MISKIN DAN PERINGATAN UNTUK ORANG KAYA (KEUTAMAAN FAKIR DAN MISKIN)

Sumber Ilmu.com-Sahabat blogger, kali ini saya tertarik membahas tentang keutamaan fakir dan miskin. Hal ini penulis lakukan untuk memberikan kabar gembira bagi saudara kita yang nasibnya berada dibawah kita, yaitu ekonomi menengah kebawah. Walaupun demikian harus tetap disyukuri yaa pemberian dari Allah.

Sebagian orang fakir dan miskin mungkin mengeluh dengan keadaan ekonomi yang tidak kunjung membaik, meskipun sudah bekerja seharian, banting tulang kerja sana-sini untuk mendapatkan uang tentunya uang tersebut digunakan keperluan sehari-hari, baik itu biaya makan, pakaian, pendidikan bahkan biaya pengobatan keluarganya yang sedang sakit atau yang lainnya.

Mengeluh dan mengutuk bukanlah jalan yang baik, setiap yang Allah ciptakan di dunia ini kesemuanya berpasang-pasangan. Ada sehat ada pula sakit, ada si kaya dan si miskin, lapang dan sempit dan lain lain. Kesemuanya itu merupakan ujian dari Allah. Si kaya diuji dengan syukurnya sedangkan si miskin diuji dengan sabarnya. Maka sabarlah maka engkau akan memperoleh sesuatu yang luar biasa bahkan diluar dugaan manusia, ada kado yang indah untuk orang-orang fakir dan miskin. Nabi Saw bersabda: “Kulihat Surga kebanyakan penghuninya adalah orang-orang fakir dan kulihat neraka kebanyakan penghuninya wanita”. (HR Bukhari)

Hadis diatas merupakan salah satu kado dari Allah untuk orang-orang fakir dan miskin yang sabar, bertawakal, yang berbaik sangka kepada Allah, senantiasa mengerjakan perintah takwa dan amal kebaikan lainnya. Untuk selanjutnya simak penjelasan dibawah ini apa saja keutamaan bagi mereka orang-orang fakir-miskin!

Suatu ketika para fuqara mengirimkan seorang wakilnya untuk menghadap Rasulullah Saw katanya: “Ya Rasulullah, kami atas nama wakil para fuqara menghadapmu, Jawab Nabi Saw: Selamat berjumpa dengan mu dan mereka, engkau datang mewakili orang-orang yang disenangi Allah, lalu katanya: Ya Rasulullah, orang-orang fakir kami mengatakan, bahwa: Orang-orang kaya mampu melakukan segala amal baik, ibadah haji mereka mampu melakukannya karena memiliki uang, sedang kami tidak, sedekah mereka mampu, kami tidak dan ketika mereka sakit, mereka mampu membiayainya, sedang kami tidak. Jawabnya: “Sampaikan kepada mereka, bahwa jika mereka bersabar akan memproleh 3 pahala yang tidak diperoleh orang-orang kaya, yaitu:

Pertama, di dalam surga ada mahliga yang terbuat dari mira delima yang berwarna merah, para penghuni surga melihatnya seperti masyarakat dunia melihat bintang dilangit, siapapun tidak boleh masuk ke dalamnya, kecuali, Nabi Fakir, syuhada fakir, dan mukmin fakir.

Kedua, fuqara masakin lebih dulu masuk surga  500 tahun (waktu dunia) sebelum orang-orang kaya, mereka bebas bergembira dan Nabi Sulaiman dan Daud As masuknya ke surga 40 tahun sesudah para nabi lainnya, akibat diberi kerajaan dunia.

Ketiga, bacaan tasbih, tahmid, takbir dan tahlil para fuqara masakin, jauh lebih unggul dibandingkan dengan bacaannya orang kaya sekalipun mereka tambah dengan sedekah 1000 dirham, demikian pula amal kebaikan lainnya. Kemudian wakil fuqara itu pulang menyampaikan kabar gembira dari Nabi Saw kepada rekan-rekannya, Jawab mereka: “Kami rela ya Allah, dan kami sangat lega hati.”

Abu Dzar r.a Rasulullah Saw berwasiat 7 perkara, yang tidak boleh aku tinggalkan, yaitu:

1.      Mendekati dan menyayangi fakir-miskin

2.      Senantiasa memandang ke (pada orang di) bawahku,

3.      Tetap mengikat tali persaudaraan sekalipun mereka menjauh dan memutuskannya,

4.      Memperbanyak bacaan: La haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

5.      Jangan meminta apapun kepada manusia

6.      Jangan takut dihina atau dicela dalam menegakkan kebenaran (hukum Allah)

7.      Sampaikan kebenaran sekalipun pahit dan berat.

 

Malaikat pernah berkata: Ya Allah, orang-orang kafir Kau lapangkan rezekinya (harta duniawi), dan dihindarkan dari bala, Jawab Nya:”Kau lihat siksa mereka, sesudah dilihat, malaikat berkata: Ya Allah, sia-sia harta yang dberikan kepada mereka. Kemudian malaikat berkata: Ya Allah, orang-orang mukmin Kau sempitkan harta (rezeki)nya, dan Kau uji dengan bala, Jawab Nya: Kau lihat dulu pahalanya, sesudah dilihat, mereka berkata: Tiada artinya penderitaan di dunia bagi mereka”.

Baik di surga dan dineraka orang kaya selalu dibawah, kecuali yang selalu sedekah  kekanan, kekiri, muka dan belakang, dan yang mau amal demikian sangat jarang, sebab setan menggoda mereka.

Pernyataan setan, 3 perkara membinasakan orang kaya, yaitu:

1.     Aku menghias pandangannya, hingga enggan melaksanakan kewajiban (zakatnya)

2.     Kubantu dalam membelanjakan hartanya pada pemborosan (hal-hal yang tidak bermanfaat)

3. Kurangsang agar hatinya cinta harta, sehingga menghalalkan segala cara untuk memperolehnya.

Kemiskinan derita di dunia, tetapi kegembiraan/kebahagiaan di akhirat, sedangkan kaya gembira di dunia, tetapi susah diakhirat.

Lima kemuliaan yang diperoleh fakir-miskin, yaitu:

1.      Pahala sholat, sedekah dan lain-lain melebihi pahala orang kaya

2.      Pahala dari keinginan yang tidak terpenuhi

3.      Masuk surga lebih dulu

4.      Ringan hisabnya

5.      Sedikit menyesal, sebab orang kaya ingin seperti orang miskin kelask.

Tanya sahabat: Jika kami menginginkan sesuatu, lalu tidak terpenuhi, berpahalakah kami? Jawab Nabi Saw. dengan amalan mana lagi kau peroleh pahala, jika tidak dengan demikian?

Menginginkan sesuatu, lalu tidak tercapai, tetapi tetap sabar dan mengharapkan pahala dari Allah, maka hal itu lebih baik.

Pembahasan ini dipandang dari segi agama, yang merupakan kabar gembira untuk mereka (fakir) diakhirat. Namun dari segi sosial pemerintah meski membantu, meringankan beban ekonomi mereka sebagai bentuk pengamalan sila ke lima “Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Sumber : Kitab Tanbihul Ghafilin-Al Imam Abu Laits as-samargandi


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support