"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Selasa, 11 Juli 2023

BAGAIMANA CARA KITA MENGATASI STRESS?

 

“Stres sering mendorong kita pada pilihan makanan dan kebiasaan tidur yang buruk, ini yang menyebabkan stres internal.” (Dr. Mark Hyman)


Banyak orang stres dialihkan ke makan. Dan biasanya, pilihan makanannya tidak memperhatikan kandungan nutrisinya. Asal enak. Dr. Hyman menjelaskan, “Ketika kita makan makanan mengandung tepung, gula, atau gorengan, kita sebenarnya sedang meningkatkan produksi hormon stres.” Jadi sudah stres, lalu makannya tidak benar, malah semakin stres, karena hormon stres (kortisol) membanjiri otak kita. Inilah maksud stres internal.



Ada banyak opsi sehat menghilangkan stres. Situs Kemenkes RI menggarisbawahi lima hal: 1) Perbanyak ibadah kepada Tuhan YME, 2) Berolahraga teratur, 3) Tekuni hobi sesuai bakat/ minat, 4) Berpikir positif dan menyenangkan, 5) Konsultasi ke expert. Nabi ﷺ saat dalam tekanan menambahkan dzikir, "Laa ilaaha illallaahul 'azhiimul haliim, laa ilaaha illallaahu rabbul 'arsyil 'azhiim, laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul ardli wa rabbul 'arsyil kariim.” (Al-Bukhari: 5870)

____

Sumber : Quoteoftheday

Rumah Dakwah As Sakinah

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support