"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Jumat, 01 September 2023

KITAB JĀMI’ SUNAN AT-TIRMIŻĪ SALAH SATU KARYA TERBESAR IMAM TIRMIDZI

Salah satu karya besar Imam at-Tirmiżī adalah Sunan at-Tirmiżī. Kitab hadis karya beliau ini termasuk unik, ada yang menyebutnya al-Jami’ lengkapnya al-Jāmī’ at-Tirmiżī. Kedua sebutan ini sah karena masing-masing memiliki argumen yang kuat. Disebut “al-Jāmī’” karena temanya tidak hanya persoalan fikih, melainkan mencakup persoalanpersoalan yang memenuhi kriteria kitab al-Jāmī’. Ada delapan tema yang minimal harus tercantum dalam sebuah kitab al-Jāmī’. Delapan tema itu adalah; akidah; hukumhukum fikih; pemerdekaan budak; etika makan dan minum; tafsir Al-Qur’an, sejarah dan biografi tokoh; bepergian (safar); kejadian-kejadian penting dan; pujian terhadap perjalanan hidup seseorang (manāqῑb). Selain itu, sebuah kitab hadis bisa saja dinamakan al-Jāmī’, secara harfiah berarti menghimpun, apabila mencantumkan hadis- hadis yang telah termuat di dalam kitab-kitab yang sudah ada. Kitab al-Jāmī’karya at-Tirmizī di dalamnya membicarakan delapan tema yang ada pada sebuah kitab Jāmi’.

Sedangkan yang menamai kitab karya at-Tirmiżī ini dengan Sunan, karena kitab tersebut menghimpun hadis-hadis Nabi berdasarkan bab-bab fikih. Kualitas hadis yang diriwayatkan oleh at-Tirmiżī dalam kitabnya bervariasi dari yang sahih, hasan, hingga d ̣aif, garib dan mu’allal. Sungguhpun demikian, Sunan at-Tirmiżī memiliki keistimewaan yang mengagumkan ketekunan penyusunannya di dalam menjelaskan letak cacat atau kekurangan hadis-hadis hasil penelitiannya yang masuk ke dalam kategori da’if. Hadis-hadis daif yang terdapat dalam kitab ini pada umumnya hanya menyangkut faḍāil al-‘amāl (anjuran melakukan perbuatan-perbuatan kebajikan), hadis semacam ini lebih longgar dibandingkan dengan persyaratan bagi hadis-hadis tentang halal dan haram.

Secara keseluruhan kitab Sunan at-Tirmiżī terdiri dari 5 juz, 2.376 bab dan 3.956 hadis. Kitab Sunann at-Tirmiżī juga menginspirasi para ulama setelahnya untuk berkarya. Ada beberapa kitab “syaraḥ” dari Sunan at-Tirmiżī di antaranya: ‘Ariḍat al-Ahwāżi ‘alā’ at-Tirmiżi karya Abū Bakar Muhammad Ibn al-‘Arabī al Māliki (w. 543 H).  Al-Lubab karya Ibnu Hajar al-Asqalānī.  Al-Munqih as-Syazi fi Syarḥ at-Tirmiżī, karya Ibnu Sayyid an-Nas as-Syafi’i.  Qut āl Mugtadi ‘ala Jāmi’ at-Tirmiżī , karya as-Suyutī.

Sumber : Hadis Ilmu Hadis Kementerian Agama RI

NB : Untuk Kalangan Siswa Madrasah Aliyah Kelas X

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support