"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Rabu, 31 Mei 2023

MENCERAIKAN 5 ISTRI SEKALIGUS

 

Sumber Ilmu.com-Al-Ashma’i pernah bercerita tentang seorang suami yang memiliki empat istri dan dia sosok suami yang bertipe kasar. Suatu saat dia pernah mendapati empat istrinya sedang berkelahi dan ribut, maka dia mengatakan, “Sampai kapan kalian ribut seperti ini? Saya yakin ini adalah karena ulahmu! (Sambil menunjuk seorang istrimu). Pergilah dariku karena aku telah menceraikanmu.!”

Mendengar kata talak, istri kedua mengatakan, “Engkau terburu-buru menceraikannya, andai saja engkau menghukumnya dengan selain talak, niscaya lebih baik.” Suaminya malah menjawab, “kamu juga saya ceraikan!!!”

Mendengarnya, istri ketiga mengatakan, “Semoga Allah menjelekkanmu, kedua istrimu itu sangat baik dengan mu, mereka berdua selalu memuliakanmu, kenapa kamu begitu tega menceraikan keduanya?!” suaminya menjawab, “Kamu juga jangan sok membela keduanya, saya ceraikan kamu juga.”

Istri keempat yang dikenal dengan kelembutan mengatakan, “Nanti engkau akan menyesal karena telah menceraikan istri-istrimu.” Suaminya menjawab, “Kamu juga saya ceraikan sekarang.”

Ternyata kejadian tadi didengar oleh istri tetangga rumah yang muncul tiba-tiba seraya mengatakan, “Demi Allah, bangsa Arab tidak menilai kalian kecuali karena melihat perbuatan kalian, masak kamu menceraikan empat istrimu dalam satu waktu sekaligus!!” Dia menjawab,”Kamu juga wahai wanita yang ikut-ikutan membela, diceraikan, jika suami menyetujuinya.” Ternyata suami tetangga tersebut menjawab dari rumah, “Saya telah setuju, saya telah setuju.” (100 Kisah Menarik Penuh Ibrah-Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi)

Diantara faedah fikih kisah talak model seperti ini adalah sah, hanya saja yang menjadi masalah adalah apakah suami menjatuhkan dalam emosi dan marah? Jika benar demikian maka hal ini kembali kepada perselisihan ulama tentangnya. Imam Ibnul Qayyim menulis risalah khusus tentang hokum talak suami yang menjatuhkannya dalam keadaan emosi berjudul Ightsatul Lahfan fi Hukmi Thalaq al-Ghadbhan.

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support