"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Rabu, 24 Mei 2023

ABDULLAH BIN UMAR SANG BENDAHARAWAN HADIS NABI SAW

 

Abdullah bin Umar atau sering disebut Ibnu Umar lahir pada tahun ke-2 atau ke-3 dari kenabian. Dia masuk Islam dalam usia 10 tahun bersama ayahnya. Umar bin Khattab tetapi ia berhijrah ke Madinah lebih dahulu dari ayahnya. Dia tidak diizinkan ikut perang Uhud oleh Rasulullah Saw karena usianya yang masih kecil kecuali pada perang-perang berikutnya. Kemudian ia aktif ikut serta perang seperti perang Khandaq dan beberapa peperangan sesudahnya termasuk penaklukan Mesir dan di negeri-negeri Afrika lainnya. Ibnu Umar adalah seseorang yang meriwayatkan hadis terbanyak kedua setelah Abu Hurairah, yaitu sebanyak 2.630 hadis, karena ia selalu mengikuti kemana Rasulullah pergi.

Bahkan Aisyah istri Rasulullah pernah memujinya dan berkata:”Tak seorangpun mengikuti jejak langkah Rasulullah ditempat-tempat pemberhentiannya, seperti yang telah dilakukan oleh Ibnu Umar”. Ia bersikap sangat berhati-hati dalam meriwayatkan hadis Nabi Saw. demikian pula dalam mengeluarkan fatwa, ia senantiasa mengikuti tradisi dan Sunnah Rasulullah Saw, karenanya ia tidak mau melakukan berijtihad. Biasanya ia memberi fatwa pada musim haji, atau pada kesempatan lainnya. Teman-teman Abdullah bin Umar  mengakui keunggulannya, Abdullah bin Mas’ud berkata:”Sungguh aku melihat kita (sahabat) orang-orang yang sempurna, tidak ada seorang pemuda ditengah-tengah kami yang lebih mampu menguasai dibandingkan dengan Abdullah bin Umar.”

Ibnu Umar meriwayatkan hadis dari Nabi Saw dan dari para sahabat, diantaranya dari ayahnya sendiri, pamannya Zaid, saudara kandungnya Hafsah, Abu Bakar, usman bin Affan, Ali, Bilal, Ibnu Mas’ud, Abu Dzar, dan Mu’adz. Imam Bukhari meriwayatkan sekitar 81 buah hadis dari Abdullah bin Umar. Imam Muslim meriwayatkan sekitar 31 buah hadis, dan yang disepakati antara keduanya sebanyak 1700 hadis.

Banyaknya periwayatan Abdullah bin Umar karena disebabkan beberapa faktor, antara lain:

1.      Ia tergolong sahabat pendahulu masuk Islam dan berusia panjang

2.      Selalu hadir dimajelis-majelis Nabi Muhammad Saw dan mempunya hubungan dekat dengan beliau, karena menjadi ipar Nabi Muhammad Saw

3.      Tidak punya ambisi kedudukan dan tidak melibatkan diri dalam berbagai konflik politik dikalangan sahabat.

Ibnu Umar adalah seorang pedagang sukses dan kaya raya, tetapi juga banyak berderma. Ia hidup sampai 60 tahun setelah wafatnya Rasulullah Saw. ia kehilangan penglihatannya di masa tuanya. Ia wafat pada tahun 73 H/693 M dalam usia lebih dari 80 tahun, dan merupakan salah satu sahabat yang paling akhir yang meninggal dikota Mekkah.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support