"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Senin, 29 Mei 2023

GURU DAN MASYARAKAT

 

Guru tinggal di masyarakat, bila ia bertempat tinggal

langsung kelas istimewa ditengah-tengah masyarakat

Sumber Ilmu.com-Selama ini kesan seorang guru adalah mereka yang duduk di kelas menyampaikan ilmu yang dimilikinya kepada siswa. Padahal pernyataan tersebut diatas tidak selamanya benar adanya, bukan tidak banyak guru yang pulang bertugas ia harus bekerja atau dipekerjaan masyarakat dengan tugas lain. Hanya di kelas kadang disekolah, bahkan kadang dimasyarakat guru tetap menyampaikan ilmu yang dimiliki untuk kepentingan anak dikelas, lembaga pendidikan disekolah atau untuk bangsa dan Negara.

Sebagian masyarakat kita menganggap orang yang memiliki kemampuan untuk membantu, membimbing, membina adalah kelompok tertentu yang dapat menjadi penyelamat. Biasanya adalah mereka yang memiliki gagasan, tempat berkonsultasi untuk menyelesaikan berbagai masalah kehidupan, kekeluargaan, bertetangga, bahkan bermasyarakat dan bernegara. Kemampuan-kemampuan diatas sedikit atau banyak dimiliki dan diperankan oleh guru ketia ia tinggal ditengah-tengah masyarakat. Maka jadilah guru apabila ia tinggal dimasyarakat langsung mendapatkan kedudukan tertentu atau kedudukan yang lebih setingkat disbanding anggota masyarakat lainnya.

Memang guru dan masyarakat tidak dapat dipisahkan karena memang sejak dulu, guru menjadi panutan masyarakat. Guru tidak hanya diperlukan oleh para murid di ruang-ruang kelas, tetapi juga diperlukan masyarakat lingkungannya dalam menyelesaikan aneka ragam permasalahan yang dihadapi masyarakat. Tampaknya masyarakat mendudukkan guru ditempat yang terhormat dalam kehidupan masyarakat yakni didepan memberi suri teladan, ditengah-tengah membangun, dan di belakang memberi dorongan dan memotivasi.

Kenyataan seperti diatas, menjadikan tantangan sendiri bagi seorang guru, hal ini disebabkan masyarakat memberi pengakuan, penghormatan dan diiringi pengharapan. Ketiga hal inilah yang harus dipahami dengan tepat pada saat kapan guru memberikan peran dan apresiasi pada kehidupan masyarakat.

Memahami peran pengakuan masyarakat, guru yang baik adalah mereka yang melakukan sesuatu ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan pengetahuan yang di miliki. Bukan membantu masyarakat dengan meninggalkan kehidupan aslinya atau perannya disekolah, atau juga peran-peran keluarga. Guru yang baik ia tetap menjadikan tugas-tugas sekolah sebagai kegiatan professional, ia mampu menghubungkan tuntutan masyarakat sesuai dengan tuntutan sekolah.

Melengkapi peran guru ditengah masyarakat adalah karena mereka memberikan pengharapan kepada guru dalam kehidupan sehari-hari. Potret guru secara individual adalah sosok yang dapat dijadikan contoh atau propotype bagi anggota masyarakat lainnya. Bertutur dan bersapa guru dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadi tolak ukur kesopanan setiap anggota masyarakat yang melihatnya. Itulah menjadi nilai-nilai harapan masyarakat terhadap guru, maka bila sedikit saja guru melakukan diluar nilai-nilai normatif sebagaimana harapan dengan cepat masyarakat memberikan rasa kecewa. Pada harapan inilah masyarakat dan guru menyatu mengikuti perkembangan nilai-nilai yang terjadi, karena biasanya apabila ada sesuatu yang baru, sebagai masyarakat yang melihat apakah guru dan keluarganya telah memakai atau menerapkan, bila sudah maka mereka tidak ragu untuk mengikutinya. Namun apabila keluarga guru justru menjauhkan diri dari segala sesuatu yang tidak baik, dengan  mudah masyarakatpun memberikan keputusan, bahwa hal tersebut  tidak pantas untuk diikuti atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bila kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada guru dapat dipelihara dengan baik, didayagunakan dengan niat yang positif, maka bukan hanya masyarakat yang dapat manfaatnya, akan tetapi guru, keluarga, bangsa dan negara akan memperoleh kebaikan untuk masa depan.

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support