"Dengan membaca kamu mengenal dunia. Dengan Menulis kamu dikenal Dunia."

murevi18.blogspot.com

Kamis, 25 Mei 2023

JANJI PROFESI

 

(Foto Ujian Lisan Ilmu Hadis)

Sumber Ilmu.com-Hunain bin Ishaq dianggap oleh Ibnu Ibri dan al-Qifthi sebagai sumber ilmu pengetahuan dan tambang kebajikan. Lecrerc menyebutnya “tokoh terbesar abad IX” dan bahkan “salah seorang paling cerdas yang pernah dikenal dalam sejarah”

Ia juga dikenal sebagai penerjemah terbesar, Syekh al-Mutarjimin, karya-karya Yunani ke Bahasa Suriah lalu ke Bahasa Arab. Ia juga menerjemahkan sejumlah besar karya filsuf besar Aristoteles, antara lain Hermeneutika, Categories (Maqulat), Psysic (thabi’iyat) dan Magna Moralia (Khulqiyyat). Ia juga menerjemahkan karya-karya Galen (Galenus), Hippcrates, Dioscorides, juga karya-karya Platon. Antara lain Republica (al-Siyasah)

Apabila terjemahan telah rampung, ia segera menemui al-Makmun, dan sang khalifah membayarnya dengan emas seberat buku yang diterjemahkan itu. Hunain bin Ishaq (Joannitus, 809-873 M), penganut Ibadi, sekte Kristen Nestor dari Hira, adalah seorang sarjana, penerjemah, dan dokter terkenal pada masa Dinasti Abbasiyah. Ia pernah menjabat sebagai dokter pribadi Khalifah al-Mutawakkil ‘ala Allah (847-861 M) Ia pernah dijebloskan ke penjara karena menolak untuk membuat racun bagi lawan politiknya. Ketika ditanyakan, Hunain menjawab.

“Dua hal : agama dan profesi. Agama saya mengajarkan bahwa kita harus berbuat baik, bahkan kepada musuh kita sekalipun. Apalagi kepada teman sendiri. Dan profesi saya dibangun untuk kebaikan manusia, untuk kebebasan dan kesembuhan orang-orang yang sakit. Disamping itu, setiap dokter disumpah untuk tidak pernah memberikan obat mematikan bagi manusia”. (Philips K. Hitti, History of the Arabs)

 

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Pengikut

Definition List

Unordered List

Support